by

Penemuan Kotak Hitam Helikopter Jatuh Di Morowali

Penemuan Kotak Hitam Helikopter Jatuh Di Morowali

Bulatin.com – Tim investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akhirnya temukan kotak hitam (black box) helikopter sewaan PT PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang jatuh di Bahodopi, Morowali Sulawesi Tengah, pada Jumat, 20 April 2018.

Kotak hitam diketemukan pada bangkai helikopter dalam olah tempat peristiwa perkara (TKP) pada Sabtu pagi. Tim investigasi lalu menyelidikinya untuk membuka penyebabnya jatuhnya helikopter itu berdasarkan rekaman dalam kotak hitam.

Sebelumnya, Koordinator Humas dan Media Relation PT IMIP Dedy Kurniawan mengatakan bahwa tim investigasi terdiri KNKT dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan White Sky Aviation (WSA) mulai Sabtu pagi melakukan olah TKP. PT IMIP tidak berhak memuplikasikan hasil pemeriksaan karena helikopter nahas itu disewa dari operator WSA yang berkantor di Jakarta.

Tim investigasi yang menyelidiki kecelakaan helikopter terbagi dalam tiga orang KNKT, dua orang Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, dan tiga orang dari WSA.

Menurut Dedy, heli dengan nomor ekor PK-W6SX itu disewa tahun 2015 dalam kondisi baru. Jenisnya yaitu jenis helikopter Bell 429 Global Ranger.

Helikopter itu dikembangkan oleh Bell Helicopter dan Korea Aerospace Industries mulai sejak 2007 sampai saat ini. Heli Bell 429 Global Ranger pertama terbang pada 27 Februari 2007, bermesin ganda dengan kapasitas enam penumpang.

Pada Jumat pagi, 20 April 2018, helikopter sewaan PT IMIP itu jatuh di lokasi perusahaan pertambangan nikel di Marowali. Satu pekerja tewas di lokasi peristiwa karena tertimpa baling-baling helikopter.

Sedang pilot dan kopilot dilaporkan luka parah. Enam penumpang hanya mengalami luka ringan adalah kru sebuah rumah produksi di Tiongkok. Dua lainnya adalah karyawan asing yang bekerja di perusahaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed