by

BI Solo Berikan Beasiswa Untuk 100 Mahasiswa

BI Solo Berikan Beasiswa Untuk 100 Mahasiswa

Bulatin.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo kembali menyalurkan beasiswa untuk 100 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Solo. Penyerahan dilakukan Kepala KPwBI Solo, Bandoe Widiarto melalui Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Penyerahan Beasiswa di KPwBI Solo, Senin (7/5).

” Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian sosial BI dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) melalui Program Indonesia Cerdas, ” tutur Bandoe Widiarto.

Bandoe menjelaskan, selama satu tahun, masing-masing mahasiswa mendapat beasiswa sebesar Rp 1 juta per bulan. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu sebanyak Rp 750 ribu per bulan. Sedangkan jumlah penerima beasiswa juga semakin banyak di banding tahun kemarin yang hanya 80 mahasiswa.
Lebih lanjut Bandoe menjelaskan, penyaluran beasiswa tersebut, saat ini baru diberikan kepada universitas negeri. Sementara untuk universitas swasta, Bandoe mengakui telah menjalin kerjasama dengan mendirikan BI corner.

” Kami tahun ini juga melibatkan bank-bank umum, ” ujarnya.

Pemberian beasiswa, masih kata Bandoe, dilakukan melalui proses seleksi yang ketat. Tidak hanya dari segi prestasi, tetapi juga dari sisi karakter, maupun latar belakang sosial dan ekonomi para pelamar.

” Jadi calon penerima beasiswa mesti lewat sebagian step seleksi. Dari mulai seleksi administrasi, wawancara serta in depth interview. Saya sendiri juga turut menginterview calon penerima beasiswa. Ini dikerjakan untuk memperoleh yang terbaik, ” tuturnya.

Bandoe menambahkan, setiap tahun jumlah pelamar penerima beasiswa terus bertambah. Tahun ini dari ratusan pelamar yang lolos tahap pertama sebanyak 164 orang dan disaring kembali hingga menjadi 100 mahasiswa.
Penerima beasiswa BI tersebut tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI menjadi ajang komunitas yang berwawasan kebanksentralan dan berliterasi keuangan sebagai front liner, agent of change dan future leader untuk mengkomunikasikan kebijakan BI kepada komunitas mahasiswa dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia.

” GenBI membantu tugas BI seperti melakukan sosialisasi mengenai keuangan pada masyarakat dan beberapa kegiatan BI lainnya, ” pungkas Bandoe.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed