by

Satpol PP Sita Ribuan Petasan Jelang Ramadhan

Satpol PP Sita Ribuan Petasan Jelang Ramadhan

Bulatin.com – Puluhan ribu batang petasan disita Satpol PP kota Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (15/5) siang. Petasan itu berasal dari 3 distributor dan gudang petasan. Penyitaan sempat diwarnai ketegangan petugas dan karyawati distributor.

Penyitaan dimulai razia petugas di pedagang petasan dan kembang api, di lokasi Jalan Gadjah Mada, sekitar jam 13. 00 Wita barusan. Dari info pedagang, mereka mendapat pasokan barang dari 3 distributor.

Tim bergerak menyisir ketiga distributor. Pertama di Jalan Pangeran Suriyansyah. Rumah yang dijadikan distributor itu, menaruh macam jenis petasan dan kembang api.

Petugas lebih dulu memastikan dengan membunyikan petasan. Ledakan pada petasan membuat petugas yakin harus menyitanya. Ada lebih dari 100 kotak berisi ribuan petasan yang disita. ” Ini tidak bisa, ” kata salah seorang petugas Satpol PP di sela razia.

Tim bergerak lagi ke distributor serupa di Jalan Jelawat. Petugas kembali menemukan petasan yang berpotensi keluarkan suara ledakan, dan mencoba membakar sumbu petasan. Benar saja, bebrapa lagi petasan itu meledak.

Karyawati distributor petasan itu sempat berseteru dengan petugas. Dia menolak puluhan kotak petasan diambil alih petugas. Karyawati itu juga sempat menelpon bosnya di ujung telepon. ” Jangan semuanya Pak (disita). Sampel saja, ” kata karyawati itu.

Petugas bergeming dan tetap pada keputusan untuk menyita petasan itu disertai berita acara.

” Harus dibawa karena kota ini ada aturan. Bagaimana orang lagi salat, diantaranya nanti suara salat tarawih, kemudian bunyi petasan dimana-mana, ” tegas Kasi Operasi Satpol PP Kota Samarinda M Teguh Setiawardana menyanggah permintaan karyawati itu.

Satu persatu kotak petasan yang dipajang di rak toko distributor itu diangkut petugas. Tidak kurang 20 kotak disita.

” Barusan kita sudah tes dan buktikan sendiri. Ledakannya nyaring, dan mengganggu kekhusyukan ibadah Ramadan, ” tegas Teguh.

Lokasi terakhir, Satpol PP kembali menyasar distributor di Jalan Merdeka. Ada tidak kurang 150 kotak berisi ribuan batang petasan disita dari toko itu. ” Yang pasti kegiatan razia ini tidak hari ini saja. Kita intensifkan saat Ramadan nanti, ” ucap Teguh.

Warga mengapresiasi ketegasan Satpol PP. ” Bagus disita. Karena kan pedagang pinggir jalan dapatnya dari distributor. Petasan kalau meledak, kasian warga yang kena jantungan, ” ungkap Arifin, warga setempat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed