by

Ini Sebabnya Gigi Persneling Susah untuk Pindah

Ini Sebabnya Gigi Persneling Susah untuk Pindah

Bulatin.com – Pemilik mobil transmisi manual barangkali sempat alami keadaan tuas persnelling sulit dipindahkan atau berasa nyangkut di tempat spesifik. Hal seperti ini tentu saja begitu mengganggu waktu mobil dikemudikan di jalan.

Keadaan tuas transmisi mobil manual yang susah dipindahkan, kata Pemilik Bengkel Mobil Fendryss Motor, Rusdi Sopandi, di Jakarta, bisa saja pertanda komponen kopling telah melemah.

“Ini bisa saja tanda-tanda awal kopling telah aus atau tipis. Tapi untuk mencari tahu detil penyakitnya memang seharusnya dibongkar dahulu (transmisi),” kata Rusdi.

Selain itu, Diler Technical Dukungan PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menyampaikan, tuas transmisi yang keras atau sulit digerakan memang jadi salah satunya tanda kopling aus. Akan tetapi, bila keadaan kopling masih tetap bagus, serta setelan pedal koplingnya masih tetap bagus, karena itu permasalahan dapat berlangsung pada gigi synchromesh.

“Jika koplingnya masih tetap oke, karena itu gigi synchromesh telah aus. Gigi synchromesh itu bermanfaat untuk pengereman gigi yang berputar-putar, hingga waktu gigi berhenti gampang perpindahan gigi,” kata Didi.

“Gigi synchromesh letaknya ada didalam di dalam transmisi,” katanya.