by

Jokowi Akan Reshuffle Menteri dari PAN

Jokowi Akan Reshuffle Menteri dari PAN

Bulatin.com – Presiden Joko Widodo akan lakukan reshuffle atau perombakan jabatan pada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi atau PAN RB, Asman Abnur.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, reshuffle adalah konsekuensi politik atas sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang disebut parpol Asman, yang mensupport kompetitor Jokowi, Prabowo-Sandi di Pemilihan presiden 2019.

“Jika ada pertanyaan lalu, apa akan ada reshuffle (pada Asman) kurun waktu dekat, ya mungkin,” tutur Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 14 Agustus 2018.

Pratikno mengemukakan, reshuffle masih akan dikerjakan, walau Jokowi senang pada kapasitas Asman. Asman yang masuk dengan Kabinet Kerja semenjak 27 Juli 2016, menukar MenPAN RB awal mulanya Yuddy Chrisnandi dinilai sukses mengatur birokrasi, karena mempunyai latar belakang sebagai entrepreneur.

“(Reshuffle) peluang menjadi konsekuensi dari dinamika politik, konsekuensi dari pencapresan, lalu konsolidasi siapa yang didalam, siapa yang diluar,” tutur Pratikno.

Selanjutnya, menurut Pratikno, Jokowi setelah itu bisa menjadi pihak yang memastikan kepastian dilaksanakannya reshuffle. Jokowi, sekarang ini masih tetap ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rencana mengevaluasi usaha rehabilitasi pasca-gempa bumi berkekuatan 7,0 Taraf Ricther disana.

“Pak Presiden akan akan memutus secepat-cepatnya,” tutur Pratikno.