by

29 Ribu WNA Tiongkok Datang Dari Awal Tahun Sampai Sekarang

29 Ribu WNA Tiongkok Datang Dari Awal Tahun Sampai Sekarang

Bulatin.com – Terhitung mulai sejak 1 Januari sampai 31 Maret 2018, jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang mendarat segera dari luar negeri ke Bandara Sam Ratulangi Manado sejumlah 29. 653 orang, 17. 423 orang salah satunya wanita.

Kepala Divisi Imigrasi, Kantor Lokasi (Kanwil) Kemenkum serta HAM Sulawesi Utara, Dodi Karnida menyebutkan, dari jumlah keseluruhnya itu bisa dirinci, penumpang dari Singapura dengan penerbangan Silk Air yang datang dengan reguler sejumlah 4 kali setiap minggu sejumlah 3. 290 orang.

Lalu yang datang dari kota-kota di Tiongkok seperti Shenzen, Guang Zhou, Shanghai dengan penerbangan Lion Air serta Citilink sejumlah 26. 234 orang.

” Yang lain naik pesawat charter dalam rencana kunjungan pribadi, medis, militer, teknikal, pengisian bahan bakar serta yang lain ada 129 orang, ” kata Dodi, Selasa 3 April 2018 di Manado.

Dia menyebutkan, berlangsung penurunan dari bulan Februari ke bulan Maret, itu berlangsung karna pesawat charter Citilink cuma mengangkut penumpang pada bulan Februari 2018.

Sesaat kontrol keimigrasian atas kehadiran mereka sampai kini dilayani oleh 3 hingga 4 konter, kontrol bergantung pada jumlah penumpang yang datang.

” Namun sampai kini rata-rata tiap-tiap penerbangan dari Tiongkok itu penumpangnya sekitaran 160 sampai 170 orang, ” tutur Dodi sembari memberikan, dengan keadaan itu cukup dilayani oleh 3 orang dalam 3 konter kontrol imigrasi serta saat kontrol sekitar pada 45 hingga 60 menit.