by

Ada 14 Gempa Susulan Setelah Gempa Guncang Situbondo

Ada 14 Gempa Susulan Setelah Gempa Guncang Situbondo

Bulatin.com Gempa yang mengguncang Situbondo, Jawa Timur, dimutakhirkan jadi magnitudo 6,0. Selepasnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 14 gempa susulan yang kekuatannya makin alami penurunan.

“Info awal berkekuatan 6,4 magnitudo. Sesudah data dari 156 sensor, hasil pemutakhiran jadi berkekuatan 6,0 magnitudo” kata Deputi Bagian Geofisika BMKG Muhamad Saldy pada wartawan di kantornya, Jalan Angkasa 1, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Getaran gempa itu berlangsung jam 01.44 WIB pagi hari barusan. Sesudahnya BMKG mencatat beberapa gempa susulan tapi dibawah 4,0 magnitudo.

“Sampai jam 08.00 WIB, tunjukkan terjadi 14 kegiatan gempa susulan. Gempa susulan sangat kuat berlangsung pada jam 02.22 WIB dengan kemampuan 3,5 M serta gempa susulan sangat lemah berlangsung pada jam 03.13 WIB dengan kekuatan 2,4 M,” kata Saldy.

Titik gempa yang berlangsung di jarak 56 km timur laut Kota Situbondo adalah titik gempa baru. Karena itu, BMKG akan membahas selanjutnya.

“Zone ini adalah seismisitas rendah (low sesmicity), hingga kegiatan gempa ini begitu menarik buat pakar kebumian berkaitan analisis gempa serta identitas sesar aktof baru,” kata Saldy.

Selain itu, Kepala Pusat Gempa Bumi serta Tsunami Karunia Triono menyampaikan peluang tidak lagi ada gempa susulan diatas 5 Magnitudo di Situbondo. Akan tetapi, menurut dia perlu ada analisis lagi beberapa waktu lagi.

“(Sekitar) 14 kali gempa susulan kemampuan kecil, tidak ada diatas 4 magnitudo, paling kecil 2,4. Kita mengharap akan tidak ada gempa yang semakin besar. Hasil up-date juga turun,” kata Karunia.