by

Alasan Jokowi Memilih Letjen Doni Monardo Sebagai Kepala BNPB

Alasan Jokowi Memilih Letjen Doni Monardo Sebagai Kepala BNPB

Bulatin.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letjen Doni Monardo menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB). Jokowi memandang Doni figur yang pas untuk mengatasi musibah di Indonesia.

“Kita mesti tahu dan sadar jika negara ini dikelilingi oleh cincin api, ring of fire. Hingga butuh satu manajemen yang kuat memerlukan satu kepemimpinan yang kuat untuk mengkonsolidasi, mengkoordinasi,” kata Jokowi selesai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/1).

Menurutnya, Kepala BNPB mesti bisa bekerjasama dengan baik dengan Pemda, TNI, Pangdam, sampai Polri. Jokowi meyakini dengan potensi leadership yang dimilik Doni, perlakuan musibah di Indonesia akan berjalan cepat.
“Hingga membutuhkan leadership satu kepemimpinan yang kuat dan saya lihat Pak Letnan Jenderal Doni orangnya,” jelas ia.

Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Doni Monardo menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Pelantikan ini berdasar pada Ketetapan Presiden nomer 5/P/2019 mengenai pengangkatan Kepala Badan Nasional Penaggulangan Musibah. Waktu pelantikan, Jokowi memandu Doni untuk membacakan sumpah jabatan.

Pelantikan Doni jadi Kepala BNPB termasuk tidak biasa. Dia saat ini masih jadi anggota TNI aktif. Walau sebenarnya, Kepala BNPB selalu di pimpin purnawirawan TNI.

Sebelum jadi Kepala BNPB, Doni merupakan Setjen Dewan Ketahanan Nasional. Jenderal bintang tiga ini sempat mencicipi beberapa tempat berprestise di Angkatan Darat. Dia sempat menjabat Komandan Paspampres, Danjen Kopassus, Pangdam Pattimura, sampai Pangdam Siliwangi.