by

Aroma Sereh Ampuh Bantu Usir Nyamuk di Rumah Anda

Aroma Sereh Ampuh Bantu Usir Nyamuk di Rumah Anda

Bulatin.com –  Nyamuk merupakan salah satu serangga yang kerap kali bersarang di rumah. Nyamuk sering dianggap berbahaya karena bisa menjadi vektor demam berdarah hingga malaria. Karenanya, penting untuk membasmi nyamuk di dalam rumah.

Ada banyak cara untuk mengusir nyamuk dan menghindari gigitannya. Mulai dari membersihkan rumah setiap hari, menutup tempat-tempat yang bisa menampung air, menggunakan semprotan anti nyamuk hingga menggunakan kelambu. Namun, cara itu tentu tak cukup. Agar nyamuk pergi dari rumah, ada juga cara alami untuk mengusirnya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr. Elizabeth Jane Soepardi memberikan tips cara alami mengusir nyamuk.

“Selain menjaga kebersihan hal lainnya yang dapat dilakukan adalah mengusir nyamuk dengan hal yang mereka tidak sukai. Aroma sereh adalah salah satu aroma yang tidak disukai nyamuk, jadi Anda dapat menggunakan sereh di rumah untuk mengusirnya, ” ucapnya.

Lanjut dr Jane menjelaskan, ada dua cara menggunakan sereh di dalam rumah, pertama dengan memotongnya lalu meletakkan di sudut-sudut ruangan. Kedua dengan menanamnya di pekarangan rumah.

“Cukup menanamnya di perkarangan rumah, atau potong saja sereh hingga aromanya keluar lalu letakan di pojok-pojok rumah. Jika sudah kering ganti lagi dengan potongan sereh yang baru, sehingga nyamuk tidak akan masuk ke rumah,” ucapnya.