by

Bagaimana Cara Terjun di Dunia Hiburan Indonesia?

Televisi terkadang dapat menjadi sumber inspirasi bagi sebagian orang. Menyiarkan berbagai program acara selama 24 jam, kita bisa melihat banyak artis atau publik figur yang lalu lalang memberikan hiburan dan informasi.

Dari televisi pula kita juga bisa melihat bagaimana kehidupan dari seorang artis yang sering digambarkan sebagai individu yang terkenal dan bergelimang harta. Terkadang, artis juga menjadi pusat perhatian dalam beberapa hal, seperti gaya berpakaian atau gaya hidup yang mereka jalani.

Dengan gambaran ketenaran dan kekayaan yang melekat dalam figur seorang artis, maka tak heran jika banyak orang yang mendambakan untuk bisa terjun ke dunia entertainment. Namun, apa yang dilihat oleh publik hanyalah hasil dari kerja keras dari sang artis. Proses yang mereka jalani hingga akhirnya bisa terkenal dan banyak harta pastinya tidak mudah dan butuh waktu lama.

Menjadi seorang artis memang tidak mudah. Namun, bukan berarti impian tersebut mustahil untuk diwujudkan. Bakat juga bukan satu-satunya jalan untuk bisa berdiri di panggung entertainment. Latihan dan kerja keras juga dapat membuka peluang Anda untuk memasuki dunia hiburan.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalam dunia entertainment, berikut akan kami bagikan beberapa cara memulai karir menjadi artis. Semoga bisa membantu Anda mewujudkan impianmenjadi artis.

Ikut Audisi

Cara memulai karir menjadi artis yang pertama yaitu dengan rajin mengikuti audisi. Para artis yang sering kita lihat di televisi tidak berjalan sendirian. Terdapat berbagai agensi artis yang bekerja untuk menaungi para pelaku dunia hiburan ini.

Contoh agensi manajemen artis yang ada di Indonesia adalah 8 Management yang dipimpin oleh Jusuf Long. Selain itu, juga ada Zema Management, Twentyone Millimeters Management, Platinvm Indonesia dan banyak lainnya.

Dikutip dari liputan6.com, biasanya agensi-agensi tersebut akan membuka audisi untuk mencari bintang-bintang baru di dunia entertainment. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu dan terus memperbarui informasi terkait jadwal audisi ini.

Pencarian bakat berupa audisi terkadang juga diadakan oleh stasiun televisi. Bahkan, majalah-majalah terkenal pun juga bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menjadi seorang artis.

Selain agensi, stasiun televisi, dan majalah terkenal, Anda juga bisa mengikuti audisi pencarian bakat yang sering dijadikan sebagai program acara di televisi, seperti Indonesian Idol, X-Factor Indonesia, Indonesia Mencari Bakat, atau ajang lain yang sesuai dengan minat Anda.

Foto Model

Cara memulai karir menjadi artis yang kedua adalah dengan menjadi foto model. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa salah satu cara memulai karir menjadi artis adalah dengan mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh majalah-majalah terkenal. Majalah-majalah ini sebenarnya banyak mengadakan audisi untuk merekrut model baru, yang nantinya bisa membuka peluang bagi Anda untuk menjadi artis.

Sebagaimana yang sering terlihat pada model-model di berbagai majalah, salah satu syarat yang dibutuhkan untuk menjadi model, umumnya adalah postur tubuh yang tinggi dan ideal, serta ekspresi muka yang fleksibel sesuai arahan sutradara.

Dengan mengawali karir menjadi seorang foto model, bukan tidak mungkin pintu menuju dunia hiburan akan semakin terbuka lebar. Menjadi seorang menjadi seorang artis memang tidak selalu diawali dengan audisi khusus artis. Melalui foto model, Anda juga bisa menarik perhatian produser.

Kirim Portofolio

Cara memulai karir menjadi artis yang ketiga yaitu dengan mengirim portofolio Anda. Untuk memulai karir menjadi seorang artis, audisi bukanlah satu-satunya cara. Sama seperti saat Anda melamar pekerjaan di perusahaan, Anda juga dapat mengirim langsung lamaran Anda ke pihak agensi dan manajemen artis.

Tapi, tentu saja isi dari berkas lamaran ini berbeda dari berkas yang Anda berikan ketika melamar pekerjaan. Anda dapat memberikan portofolio yang berisi rekam jejak Anda dalam dunia seni, serta biodata dan profil diri secara lengkap.

Anda juga bisa melampirkan video ketika Anda berakting atau pun mengirim suara Anda saat bernyanyi. Portofolio ini bisa Anda kirimkan langsung ke pihak agensi melalui pos, atau juga bisa melalui email.

Jadi Figuran

Cara memulai karir menjadi artis yang keempat yaitu dengan menerima peran sebagai figuran. Seperti yang disebutkan di awal, menjadi seorang artis tidak semudah yang dibayangkan.

Selain berlatih untuk mengasah kemampuan, Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan yang muncul, termasuk ketika menerima peran sebagai figuran. Meski perannya tidak menonjol, Anda bisa belajar bersama dengan pemain utama sambil menunggu kesempatan yang lebih besar.

Magang dengan Artis

Cara memulai karir menjadi artis yang terakhir adalah dengan magang dengan artis. Anda bisa mengajukan diri untuk bekerja sebagai seorang asisten dari artis terkenal agar bisa belajar bagaimana cara menjadi artis.

Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang terkenal lainnya yang berkutat di dunia hiburan. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa diajak untuk terjun ke dunia entertainment.