by

Baju Putih Dinilai Merupakan Identitas Jokowi Sejak Awal Pemerintahan

Baju Putih Dinilai Merupakan Identitas Jokowi Sejak Awal Pemerintahan

Bulatin.com – Bekas Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto menjelaskan, pemilihan pakaian putih buat beberapa simpatisan untuk hadir ke tempat pengambilan suara adalah jati diri. Jati diri itu, pula dipakai Joko Widodo serta beberapa pembantunya selesai memenangkan Pemilihan presiden 2014 lalu.

“Jati diri putih itu sudah jadi identitasnya Pak Jokowi, semenjak awal pemerintahan. Sebab, jika di kampanye 2014 itu gunakan kotak-kotak, lalu saat telah memenangi pemilihan presiden, Pak Jokowi telah berubah jadi baju putih untuk warna kerjanya,” tutur Andi, waktu di konfirmasi, Sabtu 30 Maret 2019.

Andi yang sekarang jadi Ketua Cakra 19, satu diantaranya organisasi relawan simpatisan Jokowi-Ma’ruf Amin itu menjelaskan, pemakaian lambang putih dalam kertas suara pula tunjukkan penampilan Jokowi keseharian. Berarti, ketekunan itu masih dipertahankan, walau terakhir pemakaian pakaian putih di kertas suara sudah sempat diperdebatkan oleh tim lawan.

Menurutnya, ciri khas Jokowi lama yang sering kenakan baju putih dengan lengan dilipat membuat penampilan pada kampanye serta surat suara juga tampilkan terdapatnya orisinalitas.

“Sebab hari Rabu ialah hari nyoblos, Pak Jokowi di kampanye terbuka di Banten, meluncurkan Rabu putih. Kita coblos pakaian putih, putih ialah kita, dengan simbol-simbol yang sebetulnya serupa dengan 2014, saat lambangnya Jokowi ialah kita. Ini lebih simbolik, tajam, untuk mengarahkan coblos pakaian putih, putih ialah kita,” katanya.

Andi mengharap, lambang pakaian putih ini akan menimbulkan jati diri baru yang dengan masif akan dipakai penduduk hadir ke tempat pengambilan suara (TPS). Dia ,lalu ingat jargon ‘Jokowi ialah kita’ pada Pemilu 2014 lalu, yang dia anggap sudah menggugah penduduk jika bekas Gubernur Jakarta itu pula sama juga dengan rakyat umumnya.

“Serta, mudah-mudahan itu memperkuat, supaya pemilih 01 dapat makin terpacu untuk ke TPS serta nyoblos,” katanya.