by

Ban Ini Dikatakan Dapat Membuat Mobil Menjadi Melayang di Udara

Ban Ini Dikatakan Dapat Membuat Mobil Menjadi Melayang di Udara

Bulatin.com – Pameran Geneva International Motor Show masih tetap jadi magnet buat produsen otomotif, untuk memperkenalkan produk mutakhir mereka. Selain pabrikan mobil serta sepeda motor, beberapa perusahaan elemen pun ikut serta, termasuk juga Goodyear.

Dikutip dari situs sah mereka, Rabu 6 Maret 2019, pabrikan ban asal Amerika Serikat itu mempunyai produk purwarupa unik, yang diklaim dapat membuat mobil melayang-layang di hawa.

Ban mutakhir yang diberi nama Goodyear Aero itu menaruh dua manfaat penting, yakni menjadi penggerak sekaligus juga baling-baling. Ban ini dapat disematkan jari-jari berbilah, yang betindak menjadi kipas.

Langkah kerjanya lumayan sederhana. Posisi roda akan berputar-putar, hingga jari-jarinya menghadap permukaan jalan. Saat baling-baling mulai berputar-putar, mobil akan tergerak ke atas.

Chief Technology Officer Goodyear Tire, Chris Helsel mengatakan, arah dibuatnya ban itu ialah untuk menggiatkan diskusi tentang kendaraan terbang.

“Pengalaman kami di bagian pembuatan ban, membuat kami memikirkan, bagaimana jika ban mempunyai manfaat ganda. Selain untuk meluncur di jalan, juga bisa berperan menjadi penggerak di hawa,” tuturnya.

Akan tetapi, sebelum ban Aero ini sah dipamerkan, nyatanya Goodyear sudah mendapatkan banyak kritikan. Diantaranya dari Profesor Tehnik Mesin di Kampus San Diego, Daniel Codd.

Dia menjelaskan, penerbangan dengan baling-baling hibrida tidak akan sukses. Karena, daya angin yang dibuat tidak dapat meredam mobil supaya masih di hawa dalam periode waktu lama.