by

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Buat Es Krim Sendiri

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Buat Es Krim Sendiri

Bulatin.com – Zaman sekarang Anda tak perlu lagi membeli makanan kesukaan di toko, supermarket, restoran atau kafe. Ada banyak makanan yang bisa Anda buat sendiri di rumah, meski prosesnya terbilang sedikit rumit.

Ambil contoh es krim, yang umumnya dibuat menggunakan mesin khusus. Namun, mesin ini juga sudah dibuat versi mininya untuk dipakai di rumah, sehingga homemade ice cream bisa Anda hasilkan di dapur sendiri.

Tapi tunggu dulu, sebelum memesan mesin pembuat es krim di online shop langganan, pastikan Anda tahu betul cara membuat es krim dengan tepat dan menghindari beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang. Berikut ini di antaranya, dilansir dari laman Food Beast, Rabu, 1 Agustus 2018.

1. Menggunakan susu rendah lemak

Jika Anda benar-benar menyukai es krim, mengapa merusaknya dengan susu rendah lemak? Tekstur es krim yang smooth dan creamy justru dihasilkan oleh lemak yang terkandung di dalam susu. Tanpanya, es krim tak akan bisa senikmat seperti yang biasa Anda santap.

Lagipula, susu rendah lemak tidak dapat membeku dengan baik sehingga tidak cocok digunakan untuk membuat es krim.

Jika menggunakan susu rendah lemak, hasil es krim dipastikan bakal hampir tak punya rasa dengan sentuhan es biasa. Jadi, jika Anda ingin makan es krim tapi tak mau mengonsumsi lemak, lebih baik sekalian membuat popsicle atau es lilin yang memang dibuat tanpa susu.

2. Menyimpannya di dalam wadah hangat

Jika wadah untuk menyimpan es krim di dalam freezer tidak benar-benar dingin, makan es krim buatan Anda tidak akan membeku dengan sempurna. Untuk itu, selalu simpan wadah es krim di dalam freezer sejak sehari sebelum Anda membuat es krim.

3. Tidak membekukan susu dan krim terlebih dahulu

Setelah membuat ‘adonan’ untuk es krim yang terdiri dari susu atau krim, gula dan topping atau perasa, bekukan terlebih dahulu campuran tersebut. Baru setelah itu Anda bisa menuangkannya ke dalam mesin pembuat es krim.

4. Buru-buru memasukkan ‘adonan’ es krim ke dalam mesin

Saat mengoperasikan mesin pembuat es krim, pastikan Anda tidak terburu-buru saat menuangkan campuran susunya. Itu karena es krim butuh ruang untuk ‘bernapas’ dan membentuk tekstur yang diinginkan.

5. Memprosesnya terlalu lama

Jangan terlalu lama memproses es krim menggunakan mesin pembuat es krim. Selesaikan proses pembuatan es krim dengan menyimpannya di dalam freezer dengan wadah yang beku. Cukup proses es krim menggunakan mesin sampai teksturnya mengental.