by

Beberapa Muslim Rohingnya Telah Terdampar di Aceh

Beberapa Muslim Rohingnya Telah Terdampar di Aceh

Bulatin.com – Lima warga etnis Rohingnya dikabarkan terdampar di pantai Aceh Timur, Aceh, pada Jumat awal hari, 6 April 2018. Ke lima warga negara Myanmar itu, yaitu dua lelaki dewasa, dua wanita serta satu bocah lelaki, dalam keadaan lemas demikian tiba di Aceh Timur.

Jati diri mereka di ketahui, diantaranya Muhammad Ilyas (33 tahun), Umor Syidik (28 tahun), Kamal Huson (8 tahun), Mominah (20 tahun), serta Syamimah (15 tahun).

Mereka awalannya diketemukan sebagian nelayan asal Aceh di 167 mil dari Kuala Idi pada Senin malam kemarin. Diketemukan terombang-ambing karna menumpang sampan tanpa ada mesin.

” Etnis muslim Rohingya yang terdampar itu diketemukan oleh kapal nelayan warga sekitaran empat hari waktu lalu di lautan terlepas. Karna demikian jauh, hingga saat ini baru hingga ke daratan Aceh Timur, ” kata Komandan Pos TNI AL Kuala Idi, Aris Santo.

Saat tiba di Aceh Timur, TNI segera menghubungi Tim SAR serta beberapa medis. Ke lima muslim Rohingya itu segera dibawa ke Rumah Sakit Zubir Mahmud memakai mobil ambulans untuk memperoleh perawatan.

Belum juga di ketahui tentu penyebabnya hanyutnya muslim Rohingnya itu. Tetapi, disangka masalah mereka sama dengan beberapa masalah saudara seetnis mereka yang diketemukan tenggelam terlebih dulu.