by

Begini Caranya Membuat Mobil Sport Dingin di Indonesia

Begini Caranya Membuat Mobil Sport Dingin di Indonesia

Bulatin.com – Mobil sport biasanya bermodalkan dengan mesin berkubikasi besar. Sekitar lingkungan yang padat akan membuat mesin bertenaga ‘monster’ itu jadi lebih cepat panas.

Marketing Manager Retail Timurraya Kurnia Manunggal menjadi distributor Lubrication Engineers, Natalyus Purnomoadi menyampaikan, pemilik supercar atau mobil sport semestinya memakai oli yang bisa menetralisir suhu pada mesin kendaraan.

“Jadi, pelumasnya itu mesti tahan pada panas ya,” katanya waktu didapati di Gaikindo Indonesia International Auto Show, BSD City, Tangerang, Minggu malam 12 Agustus 2018.

Menurutnya, pelumas yang tahan panas umumnya memiliki kandungan beberapa zat aditif, seperti Almasol, Monolec, Duolec, serta Quinplex.

Contohnya Almasol. Diterangkan Natalyus, aditif itu dapat meminimalisir keausan pada logam, hingga bisa meredam beban kerja begitu berat, menahan kerancuan kimia serta dapat bertahan sampai suhu sampai beberapa ribu derajat Celcius.

“Saat aditif Almasol ini berjumpa dengan komponen mesin, zat itu ini akan membuat suatu susunan memiliki ukuran mikroskopik. Menjadi, bisa meminimalisir kontak pada logam, sampai kurangi gesekan, panas serta aus,” katanya.

Pelumas dengan zat aditif masuk ke kelompok oli sintetis yang dibikin memakai bahan kimia, sementara oli dengan bahan basic mineral menggunakan bahan dari minyak bumi.