by

Begini Kecanggihan Mobil Jip Tempur Buatan Indonesia

Begini Kecanggihan Mobil Jip Tempur Buatan Indonesia

Bulatin.com – Beberapa waktu terakhir Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertandang ke Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Ada panorama menarik waktu Jokowi tiba disana.

Sesampainya dimuka gerbang, Jokowi beralih mobil, dari kendaraan yang umum ia gunakan jadi jip tempur. Mobil taktis militer itu memanglah berniat disiapkan TNI untuk membawa orang nomor satu di Indonesia itu untuk masuk kedalam gedung.

Berdasar pada foto yang dilaunching Biro Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat duduk di kursi samping kiri sopir. Ikut serta mengikuti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian di belakangnya. Mobil militer yang ditumpangi Jokowi juga tampak dikawal lima jip sama.

Lalu, kendaraan apa sesungguhnya yang digunakan Jokowi? Mobil taktis itu nyatanya bernama P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan militer itu nyatanya buatan dalam negeri. Kendaraan taktis itu ditangani dibawah arahan perusahaan swasta dalam negeri bernama PT Sentra Surya Ekajaya. PT SSE sendiri bermarkas di Tangerang, Banten.

Nama P6-ATAV pernah jadi pembicaraan hangat sesudah ikut serta dalam upacara hari ulang tahun TNI Ke-72, 5 Oktober 2017 kemarin. Bahkan juga, Rantis ini sempat juga mengantarkan Presiden Jokowi waktu lakukan pengawasan pasukan dalam acara HUT TNI itu.

Apa Istimewanya?

P6-ATAV mempunyai dimensi lebar. Tidak ada pintu untuk akses masuk serta ke luar. Wujudnya terlihat gagah dengan gabungan rangka tubular serta bahan bodi yang di buat khusus.

Rantis P6-ATAV mempunyai dimensi panjang 4, 6 meter, lebar 2, 3 meter, serta tinggi 1, 5 mtr.. Bobotnya cuma sekira dua ton, hingga membuatnya gampang untuk diangkut ke medan perang. Demikianlah seperti yang diambil website resmi TNI.

Mempunyai DNA jadi mobil milter, P6-ATAV mempunyai bodi yang tahan untuk terjangan peluru. Untuk menyerang, mobil ini diperlengkapi dengan dudukan senjata mencakup upper gun mounting serta side gun mounting.

Jantung penggeraknya datang dari mesin turbo diesel empat silinder memiliki 2. 300cc yang mempunyai tenaga 142 daya kuda pada putaran mesin 3. 400 RPM. Mesin dipadukan dengan transmisi otomatis, serta buat mobil ini dapat meluncur dalam kecepatan maximum 120 km. /jam.

Mobil militer ini didesain untuk mempunyai kekuatan untuk jalan di lintasan nonaspal (off road).

P6-ATAV mempunyai tangki bahan bakar dengan volume keseluruhan 120 liter, waktu terisi penuh, P6-ATAV dapat bergerak sejauh 500 km. Saat ini P6-ATAV digunakan jadi satu diantara andalan pasukan elite TNI AD Kopassus. Tidak hanya Kopassus, juga dipakai sebagian unit TNI, seperti Detasemen Bravo (Satbravo 90) Paskhas TNI AU.