by

Begini Tips Agar Mobil Tidak Tergelincir Saat Turun Hujan

Begini Tips Agar Mobil Tidak Tergelincir Saat Turun Hujan

Bulatin.com – Keadaan cuaca yang tidak menentu, membuat pemakai jalan selalu harus memperhatikan keadaan kendaraannya. Saat melewati jalan basah atau ada genangan air, bisa jadi mobil tergelincir karena hydroplaning.

Bahkan juga, hydroplaning dapat mengakibatkan kecelakaan tunggal, seperti terbalik atau menabrak pembatas jalan. Oleh karenanya, PT Astra Daihatsu Motor memberikan beberapa panduan bagaimanakah cara berkendara yang aman waktu keadaan jalan basah.

Executive Coordinator Customer Satisfaction and Value Chain Division ADM, Budi Mahendra menyampaikan, hydroplaning dapat berlangsung saat berkendara di jalanan basah atau melewati genangan air, dimana keadaan ban akan kehilangan traksi karena posisinya tidak menyentuh permukaan jalan.

Menurut dia, ada tiga perihal penting yang perlu dilihat supaya mobil tidak tergelincir karena kehilangan traksi. Yakni kecepatan, keadaan ban serta desakan angin.

“Ketika hujan, semestinya kecepatan optimal 70 kilometer /jam, serta lihat kecepatan kendaraan di seputar. Hal seperti ini dikerjakan untuk kurangi resiko selip. Pada musim hujan, periksa kembang ban serta pilih ban sesuai dengan permukaan kering serta basah,” katanya.

Paling akhir, yakinkan desakan angin ban sesuai dengan standa r semasing kendaraan. Angkanya dapat disaksikan di label yang ada dekat pintu pengemudi.