by

Berbagai Pembersih Wajah yang Cocok Berdasarkan Usia

Berbagai Pembersih Wajah yang Cocok Berdasarkan Usia

Bulatin.com – Membersihkan wajah wajib dilakukan setiap orang untuk merawat wajah. Namun, ternyata membersihkan wajah tak sekedar menggunakan sabun pencuci saja.

Para spesialis dermatologi menuturkan, ada teknik dan sabun pembersih tertentu yang digunakan untuk berbagai usia, khususnya untuk kulit berjerawat.

Berikut teknik membersihkan wajah sesuai usia, dikutip dari laman Reader’s Digest.

1. Remaja

Hormon yang bergejolak dapat memicu produksi minyak berlebihan, di mana dapat membuat sel kulit mati menutupi pori-pori dan memicu jerawat. Coba gunakan cleanser dengan kandungan benzoyl peroxide, yang memiliki kekuatan untuk menurunkan jumlah bakteri di kulit. Kandungan tersebut juga mampu mengatasi masalah komedo dan jerawat yang membandel.

2. Usia 20-an

“Faktanya, komplain paling sering pada pasienku di usia 20-an adalah jerawat. Jadi, ini bukan hanya masalah remaja,” ujar spesialis dermatologi, Joyce Imahiyerobo-lp.

Kandungan salicylic acid dapat meredakan jerawat dan bekas jerawat, dengan mengelupas sel kulit mati. Pada kandungan konsentrasi yang tinggi, ia bisa berfungsi sebagai peeling kimia yang membuat kulit lebih bersih.

3. Usia 30-an

Penuaan kulit ditandai dengan garis-garis halus, keriput, hiperpigmentasi, hingga jerawat. Di usia 30-an, ada baiknya menggunakan pembersih yang mengandung retinoic acid.

“Kandungan dari vitamin A, retinoic acid, dapat meningkatkan sel-sel kulit dan memberi peningkatan kolagen, pori-pori lebih bersih, dan kulit wajah yang menarik,” ungkapnya.

4. Usia 40-an

Kadar estrogen yang meninggi di usia 40 tahun, dapat memicu lebih banyak produksi sebum (minyak) dan jerawat. Di waktu bersamaan, paparan matahari bisa merusak kulit yang memicu keriput, noda hitam, dan warna kulit yang tidak merata.

Gunakan produk berbahan ascorbic acid (versi sintetis vitamin C), yang memiliki antioksidan, kulit lebih cerah, dan memproduksi kolagen. Ia juga mampu meredakan kemerahan akibat jerawat.

5. Usia 50-an

Usia 50 tahun biasanya membuat kadar hormon tidak lagi meningkat drastis. Namun, ini membuat kulit menjadi kering pada permukaan jerawat. Kulit di masa ini cenderung sensitif, sehingga disarankan memilih produk yang mampu menghidrasi. Pilih kandungan lactic acid yang mampu mencegah pembesaran pori-pori hingga timbulnya garis halus.