by

Bernardo Silva Tidak Jadi Pindah Dari Manchester City ke Barcelona

Kabar kepergian Bernardo Silva dari Manchester City ke Barcelona sempat muncul pada akhir bulan Juni 2022 lalu. Rumor tersebut akhirnya mulai padam dengan rencana Manchester City mempertahankan sang pemain untuk musim depan.

Sejak musim 2021 lalu, beberapa laporan menyebutkan Silva ingin mencari klub baru. Destinasi klubnya pun terkuak jelang awal musim 2022 ini.

Beberapa pekan yang lalu, Silva dan agennya Jorge Mendes dilaporkan aktif mencari klub yang berminat menampung sang pemain. Barcelona ternyata mengungkapkan niatnya untuk mendatangkan sang pemain.

Hanya saja, saat itu Barcelona tidak bisa segera mendatangkan pemain berusia 27 tahun tersebut. Biaya transfer yang kemahalan jadi biang keroknya.

Dalam laporan The Mirror, sumber di dalam Manchester City merespons desas-desus tersebut. Jawaban yang diberikan adalah, klub tetap membutuhkan jasanya musim depan.

Terlebih, kontrak Silva di Ettihad Stadium masih sampai 2025 atau masih tiga tahun lagi. Tidak ada kewajiban bagi Citizen untuk melepas pemain timnas Portugal itu secepatnya.

Silva juga bukan penghangat bangku cadang untuk Manchester City. Kontribusinya sangat besar dan cocok dengan gaya permainan yang diimplementasi Pep Guardiola.

Senada dengan hal tersebut, Silva dilaporkan juga masih masuk skema pelatih untuk musim depan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ia terus mendapat menit bermain yang cukup di bawah asuhan Pep.

Sejak membela Manchester City pada 2017/2018, Silva telah mencatatkan 251 penampilan di segala ajang. Sumbangan 48 gol dan 51 asisnya juga jadi tanda bahwa Silva tidak bisa segera dipisahkan begitu saja dari kerangka tim.

Ditambah pula, Manchester City telah melepas sejumlah pemainnya. Minimnya persaingan di sayap dengan kepergian Raheem Sterling bakal membuka kesempatan sang pemain dapat menit bermain yang lebih banyak.

Beberapa waktu yang lalu, sejumlah laporan menyebutkan Silva telah memberi ‘lampu hijau’ kepada agennya untuk mencari klub baru. Klub yang dituju adalah Barcelona.

Barcelona dilaporkan juga memiliki ketertarikan yang sama. Sehingga, satu-satunya penghalang adalah biaya transfer yang ketinggian.

Mahar sekitar 70 – 100 juta Euro tidak mampu dipenuhi Barcelona untuk segera melepas tawaran resmi ke Manchester City. Finansial klub Catalan itu juga sedang buruk-buruknya.