by

BMKG Mengimbau Warga Lombok untuk Mencari Tanah yang Lapang

BMKG Mengimbau Warga Lombok untuk Mencari Tanah yang Lapang

Bulatin.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika mengimbau pada penduduk di Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mencari tanah lega untuk hindari efek dari gempa susulan sebesar 7,0 Taraf Richter yang berlangsung pada jam 22.50 WITA.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan, efek gempa 7,0 SR barusan adalah gempa dengan guncangan kuat serta mengakibatkan kerusakan bangunan. Gempa itu ada pada kedalaman 10 kilometer , hingga diimbau untuk menjauh dari bangunan serta lereng bukit.

“Kami imbau menjauh dari bangunan serta lereng bukit, karena masih tetap ada gempa-gempa susulan. Gempa susulan yang 7 SR barusan tidak punya potensi tsunami, hingga janganlah lari ke gunung,” tegas Rita.

Ia mengutarakan, efek gempa susulan yang sebesar 7,0 SR barusan sudah membuat gempa-gempa susulan seputar 1/2 jam selanjutnya yang sebesar 5,6 SR. Efek gempa itu makin lama makin kecil.

“Gempa susulan akan berlangsung karena belumlah konstan, menjadi semestinya penduduk ada di tanah lega serta janganlah cemas. Serta, sangat aman ialah di tenda pengungsian yang telah disediakan,” katanya.