by

Boyband Asal Korea Selatan BTS Akan Wamil di 2022, Ini Jawaban Big Hit

Pembahasan tentang wajib militer para member BTS kini kembali disinggung. Beredar kabar ketujuh member akan menjalani wajib militer bersama.

Kabar tersebut muncul usai dilaporkan pertama kali oleh seorang analis bernama Yoo Sung Man yang menulisnya dalam Leading Investment & Securites. Ia memprediksi para member BTS akan menjalani wajib militer bersama sebelum pertengahan 2022.

“Diprediksi para member BTS akan menjalani wajib militer secara bersamaan sebelum pertengahan 2022. Mempertimbangkan efek dari konten yang akan diproduksi sebelum wajib militer, periode tidak aktif para member BTS sekitar satu tahunan,” ujar Yoo Sung Man dalam laporannya.

Mengenai kabar ini, Big Hit Music memberikan pernyataan singkat. Mereka memberikan jawaban diplomatis atas laporan tersebut.

“Kami tak bisa memberitahukan apa pun selain yang sudah diungkap sebelumnya oleh para member,” tegasnya.

Sebelumnya, para member BTS sudah berkali-kali menjawab terkait kabar wajib militer. Seperti saat menggelar jumpa pers sebelum perilisan album BE, Jin, sebagai member yang tertua, menegaskan akan menjalani wajib militer saat waktunya tiba.

“Sebagai seorang pria yang berasal dari Korea Selatan, sudah jelas saya akan pergi menjalaninya. Seperti yang selalu saya katakan, saya akan pergi menjalani wajib militer jika sudah ada panggilan,” tegasnya.

“Kami sudah membicarakan hal ini, dan kami sepakat untuk pergi menjalani wajib militer. Semua member akan menerima undangan untuk pergi wajib militer,” ujar Jin.

Pada Desember 2020, Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan mengumumkan amendemen undang-undang wajib militer yang membuat para individu berprestasi yang bekerja di industri budaya dan seni populer bisa menunda pendaftaran wajib militer. Syaratnya mereka harus direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata di antara penerima Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan.

Sejauh ini, BTS adalah idola K-Pop satu-satunya dan yang termuda sebagai penerima Order of Cultural Merit. Sehingga, mereka diizinkan untuk menunda wajib militer, khususnya Jin, hingga 2022.