by

Cara Ahok Menghabiskan Waktu Di Dalam Penjara

Cara Ahok Menghabiskan Waktu Di Dalam Penjara

Bulatin.com – Tidak berasa dua tahun telah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melakukan waktu hukumannya di Mako Brimob. Meskipun begitu, teman dekat Ahok, Djarot Saiful Hidayat memiliki pendapat waktu 21 bulan bukan waktu yang sesaat saat Ahok menjalaninya dibalik jeruji besi.

“Yang dulunya ia begitu aktif, dikurung saat kira-kira 2 tahun ya. 21 bulan lebih dan tidak macam-macam, tidak sempat keluar ke mana-mana. Bahkan juga, nginjak aspal juga ia tidak pernah,” kata Djarot saat didapati di lokasi Kemang, Rabu (23/1).

Untuk memberikannya aktivitas, Ahok menurut Djarot lakukan sangat banyak pekerjaan. Dari olahraga, membaca sampai menulis buku.
“Makanya aktivitasnya semakin banyak di berolahraga, belajar, berdoa, terima tamu, balas surat-surat itu, menulis. Ya menulis buku. Lalu ditarget sehari-hari sangat tidak 2-3 lembar ia menulis A4. Tulisan tangan A4, selalu disatukan,” papar Djarot
Membalas beberapa ratus surat dan tuliskan berlembar-lembar buah pikirannya, Djarot menyebutkan Ahok menulis semuanya dengan tangannya sendiri tiada pertolongan alat tulis apapun.

“Tidak bisa gunakan laptop, piye laptop. Kamu paham.kamu mengerti kan Ahok orang seperti apakah? Taat ketentuan. Jangankan laptop, engga ingin laptop opo. Iya. Harus catat tangan. Lalu membaca buku,” tuturnya.

Jumlahnya berolahraga membuat badan Ahok lebih fresh dan kuat. Djarot menyebutkan jika dahulu Ahok diketahui dikit chubby, kini Ahok adalah pria berotot. “Tidak kurus. Ia six pack gitu,” katanya

Tidak hanya itu, Ahok bersama dengan tahanan lainnya membuat band bernama BTP alias Band Rekan Penjara. Ahok bahkan juga didapuk menjadi penyanyi.

“Memang (nada Ahok) buruk. Malah itu daya tariknya he he,” kata Djarot
Band itu terbagi dalam lima personel, dua salah satunya adalah polisi. “Ada alat gitar doang, sama yang duk duk gendang ya? Gitarisnya top lho. Ada 2 gitaris, ada drumnya,” tuturnya.

Ahok bersama dengan band BTP sering muncul di ruangan transit, saat menjumpai pengunjung. “Kan mainnya di ruangan transit gitu kan. Jadi ia latihan buat isi waktu. Vokalnya memang masih hancur tetapi minimal tahu suara. Tidak false-false sekali,” papar Djarot lalu ketawa.

Banyak lagu yang dibawakan Ahok dan Band BTP-nya, dari lagu The Beatles sampai lagu Iwan Fals.

“The Beatles. Lagunya Iwan Fals. Bukan bento, tetapi bongkar. Itu contoh. Lagunya Rolling Stone. Ngeri, kaget saya. Lagu Jawa. Lagu mandarin. Hahaha. Tidak tahu lagu opo. Saya (Djarot) bertanya, mas apakah artine itu? (Ahok jawab) Saya pun tidak tahu mas hahaha,” tuturnya.