by

Cara Memakai Make Up bagi Pemula Agar Cantik Natural di Acara Bukber

Make up merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh seorang perempuan. Dalam hal make up sebenarnya setiap perempuan memiliki seleranya masing-masing. Akan tetapi penggunaan make up dengan urutan yang benar akan menambah hasil yang lebih baik dan maksimal ketimbang melakukannya dengan asal-asalan atau sembarangan.

Sudah jadi rahasia umum jika banyak perempuan ingin tampil cantik setiap harinya, untuk tampil sempurna tak sedikit perempuan yang menggunakan make up sehari-hari. Meskipun begitu mereka tidak ingin terlihat terlalu berlebihan tapi juga tidak ingin terlihat pucat. Solusinya yaitu dengan menggunakan make up natural atau yang kerap dikenal dengan “no make up make up” sama dengan make up tapi sebisa mungkin tidak terlihat menor.

Jika kamu termasuk pemula dalam urusan permake-up an ini, kamu bisa mencoba make natural terlebih dulu yang lebih simpel dan anti ribet. Langkah-langkah make up natural juga sangat mudah untuk diikuti. Berikut ini informasi lengkap mengenai 9 cara memakai make up bagi, bantu tampil cantik natural:

1. Bersihkan Wajah

Cara memakai make up bagi pemula yang pertama adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Pastikan kamu menggunakan air yang tidak dingin atau juga tidak panas agar tidak merusak kulitmu.

Membersihkan wajah berarti membersihkan kotoran pada permukaan kulit dan memungkinkan make upmu merata ke seluruh kulit wajah. Lakukan hal ini setiap sebelum dan sesudah mengenakan make up karena jika tidak, bisa jadi sisa make up dan kotoran akan menempel dan memicu masalah pada wajah. Lakukan usapan menggunakan tangan di wajah secara lembut. Kamu juga bisa menggunakan kain pembersih khusus untuk wajah agar wajah bersih secara maksimal.

2. Gunakan Pelembap

Cara memakai make up bagi pemula berikutnya adalah menggunakan pelembap untuk hasil make upa yang lebih sempurna dan menjadikan kulit tetap terlindungi. Meskipun wajahmu berminyak, kamu tetap harus menggunakan pelembap. Tapi jangan lupa, sebelum membeli pelembap, pastikan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, seperti membeli pelembap khusus untuk kulit berminyak atau memiliki efek mattifying. Sedangkan buat kamu yang berkulit normal, sebaiknya gunakan pelembap yang ringan.

3. Memakai Face Primer

Menggunakan primer sangat penting dilakukan saat memulai cara make up bagi pemula. Setelah mengaplikasikan pelembap, lanjutkanlah dengan mengoleskan face primer pada area T-zone wajah kamu untuk mengecilkan pori-pori dan menahan minyak berlebih pada wajah. Primer juga bisa membuat foundation menempel dengan sempurna dan tahan lama pada kulit.

4. Foundation

Agar hasil akhir make-up kamu jadi terlihat lebih natural, maka pastikan kamu memilih foundation dengan tekstur yang lebih cair atau bisa juga menggunakan BB cushion. Dengan begitu kulit kamu akan terlihat lebih glowy namun tetap dengan coverage yang baik, sehingga riasan kamu akan terlihat sempurna. Selanjutnya, jangan lupa set foundation kamu dengan bedak tabur matte untuk menahan minyak pada wajah.

5.Concealer

Penggunaan concealer juga penting sebagai cara make up untuk pemula agar terlihat natural dan tahan lama, terutama bagi kamu yang punya beberapa imperfections pada kulit, seperti bekas jerawat, bintik hitam, dan kantung mata. Pada area kantung mata, sebaiknya pilihlah concealer dengan warna yang sedikit lebih terang dari foundation kamu, sedangkan untuk menutupi bekas jerawat dan bintik hitam, kamu bisa menggunakan concealer dengan warna yang sama dengan foundation.

6. Riasan Mata

Cara make up untuk pemula berikutnya adalah riasan mata. Bisa dimulai dari merapikan alis, kemudian menggunakan pensil alis berwarna coklat muda untuk membuat alis kamu menonjol namun tetap terkesan natural. Setelah itu, gunakan eyeshadow dengan warna bernuansa nude, seperti pink, peach, dan light brown pada kelopak mata kamu. Kamu juga bisa menambahkan eyeliner dan maskara waterproof untuk melengkapi riasan mata.

7. Bronzer dan Blush On

Daripada menggunakan contour yang memberi kesan tegas pada wajah, sebagai cara make up untuk pemula agar terlihat natural maka kamu bisa memilih bronzer untuk menonjolkan tulang pipi dengan lebih natural. Tidak perlu berlebihan, kamu cukup menggunakan sedikit bronzer, kemudian padukan dengan blush on berwarna peach atau pink muda agar wajah terlihat lebih fresh.

8. Lipstik

Sebagai sentuhan dalam cara make up untuk pemula berikutnya adalah menggunakan lipstik agar wajah kamu tidak terlihat pucat. Agar tampil lebih natural kamu bisa menggunakan lipstik berwarna pink, nude, atau peach.

9. Setting Spray

Terakhir, setelah menyelesaikan make-up, kamu bisa menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah kemudian tunggu hingga air menyerap pada kulit. Dalam hal ini setting spray berfungsi untuk menjaga agar make-up kamu tetap stay. Jadi, tidak perlu khawatir make-up akan terlihat cakey setelah seharian beraktivitas.