by

Cara Mudah Untuk Kembalikan Nafsu Makan Si Buah Hati

Cara Mudah Untuk Kembalikan Nafsu Makan Si Buah Hati

Bulatin.com – Salah satu keluhan yang paling sering dihadapi orang tua adalah sulitnya membuat buah hati makan dengan lahap. Bahkan, tak jarang anak tidak mau makan sama sekali.

Membuat anak bersedia makan dan menghabiskan makanannya butuh trik tersendiri. Psikolog anak, Anna Surti Ariani mengungkapkan, anak sulit makan bisa diatasi dengan cara membuatnya merasa lapar.

“Caranya ajak dia beraktivitas, seperti lari, membereskan mainannya, atau jalan-jalan. Setelah itu dia akan merasa lapar,” kata Anna saat ditemui di sebuah acara di Jakarta belum lama ini.

Ketika lapar pun ibu seharusnya memberi anak makanan sehat terlebih dahulu, bukan makanan berupa camilan yang diinginkan. Ibu bisa mengatakan padanya seperti, “Habiskan yang ini dulu ya, setelah itu baru boleh makan yang itu.”

Lalu, perlu diingat juga jangan memberi makan anak sambil dia bermain. Bermain ini bisa dijadikan sebagai reward ibu kepada anak yang sudah menghabiskan makannya.

“Sebaiknya beri jarak memberikan snack atau minuman berat selama 1-2 jam sebelum makan,” imbuh Anna.

Saat makan, akan lebih baik jika dimulai dari makanan berat, kemudian ibu boleh memberikan apresiasi berupa snack atau makanan ringan yang disukai anak.