by

Cegah Resiko Batu Ginjal Dengan Rutin Minum Air Lemon

Cegah Resiko Batu Ginjal Dengan Rutin Minum Air Lemon

Bulatin.com – Penggunaan lemon untuk meningkatkan kesehatan, telah diketahui sejak puluhan tahun silam. Lemon dipercaya mampu menjadi sumber antibakteri serta menjaga daya tahan tubuh seseorang.

Untuk itu, tak sedikit yang memilih lemon sebagai asupan rutinnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Nah, berikut beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan lainnya dikutip dari laman cookist.

1. Lemon membersihkan saluran pencernaan

Perasan lemon mampu mengeluarkan racun dari tubuh dan itu membantu organ hati memproduksi bile, yakni zat yang dibutuhkan tubuh. Lemon juga penuh akan kandungan baik seperti mineral dan vitamin, yang mampu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti kembung.

2. Bersifat diuretik

Lemon mampu meningkatkan produksi urin, yang artinya mampu membuang racun di tubuh dengan waktu cepat. Asam sitrus lemon juga mampu memaksimalkan fungsi enzim, sehingga menjadi sumber detoksifikasi organ hati.

3. Cegah bau mulut

Beberapa orang menyatakan bahwa air lemon dapat membantu mencegah bau mulut di pagi hari. Kandungan asam sitrus pada lemon mampu melawan bakteri penyebab halitosis. Namun, Anda harus berhati-hati karena asam sitrus bisa membuat enamel gigi terkikis.

4. Pangkas lemak

Peneliti mengklaim bahwa kandungan di dalam lemon mampu memangkas lemak di tubuh. Pectin dan polyphenols merupakan dua kandungan yang dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penekan nafsu makan. Tapi, penelitian ini masih memerlukan observasi lebih lanjut.

5. Cegah batu ginjal

Batu ginjal mengandung formasi mineral solid yang dikumpulkan di dalam ginjal. Tipe mineral yang paling sering terlihat yaitu kalsium oksalat dan itu mampu dicegah dengan sitrat. Dengan konsumsi air lemon, mampu membuat kadar sitrat di urin meningkat sehingga mencegah batu ginjal terbentuk. Namun harus diingat, konsumsi air lemon ini hanya diperuntukkan bagi seseorang yang punya ginjal sehat.