by

Cuma Segini Biaya Menambal Tangki Bensin Motor

Cuma Segini Biaya Menambal Tangki Bensin Motor

Bulatin.com – Kebocoran tangki bukan perihal baru buat pemakai sepeda motor keluaran usang. Sebabnya ada banyak hal. Diantaranya, sebab kurang mendapatkan perhatian khusus dari pemiliknya.

Sebetulnya, beberapa pemicu bocornya rumah bensin itu, dapat disebutkan remeh. Akan tetapi, sebab diacuhkan, hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya.

Pemilik diler sepeda motor sisa Tirta Motor di Jalan Pemuda, Bekasi, Dul Ahmadi menjelaskan, dianya seringkali terima sepeda motor bertangki bocor. Dari pengalamannya itu, dia pada akhirnya memahami masalah sebabnya.

“Sebabnya mungkin banyak. Tetapi, saya hanya mengingatnya dua, sebab ini yang penting. Pertama, sebab endapan kotoran di tangki. Ke-2, sebab tangki seringkali tidak penuh,” katanya.

Dengan lebih detil, dia menuturkan, jika endapan kotoran dapat memunculkan kerak, yang semakin lama mengikis bahan tangki. Sesaat, tangki yang tidak terisi penuh, membuat uap air muncul, hingga dapat mengakibatkan karat.

“Saya kan pedagang, jika ada rusaknya, saya perbaiki dahulu. Nah, untuk tangki bocor, umumnya saya tutup gunakan lem fiberglass merk Nuri. Harga nya seputar Rp15-17 ribu perkemasan,” katanya.

“Pertama, mesti bersih dahulu tangkinya, kosongkan dahulu. Jika telah, membuka, sisi karat atau debu-debunya dilap, sampai betul-betul bersih,” katanya memberikan

Jika telah bersih, selanjutnya ialah menuang lem itu ke wadah seperti mangkok. Perlu untuk diketahui, pada sebuah paket, ada dua botol. Satu resin, satu katalis. Campur keduanya.

Lantas, tuang cairan yang tercampur barusan ke tangki. Bila telah rata, jemur. Tidak ada ketetapan waktu, kapan sangkanya tangki itu kering. Bergantung bagaimana sinar matahari waktu proses penjemuran.