by

Deretan Artis Fenomenal Sepanjang Tahun 2020

Dalam hitungan beberapa hari lagi tahun 2020 akan segera berakhir. Memasuki pergantian tahun, sejumlah kasus dan fenomena di kalangan selebriti banyak terjadi sepanjang tahun 2020 ini.

Bukan hanya pandemi COVID-19 saja, sejumlah kasus dan sensasi yang terjadi di kalangan para artis juga sempat membuat geger publik serta menjadi sorotan media.

Sederet nama selebritis menjadi perbincangan hangat di tahun 2020 ini. Siapa saja? Berikut ini deretan artis fenomenal 2020 sepanjang tahun ini:

1. Gisella Anastasia

Penyanyi ajang pencarian bakat, Gisella Anastasia atau Gisel menjadi perhatian luas publik di tahun 2020. Hal ini bermula dari sebuah video syur mirip Gisel yang tersebar di akun Twitter pada November lalu.

Video berdurasi 19 detik itu menampilkan seorang wanita mirip Gisel dan seorang pria tengah berhubungan intim di atas ranjang. Berawal dari situ, dua pengacara Pitra Romadoni Nasution dan Febriyanto Dunggio yang juga merupakan Ketua Umum Aliansi Pejuang Muda Indonesia melaporkan kasus video itu ke pihak berwajib.

Tak lama setelah laporan itu, Gisel menjalani pemeriksaan perdana pada 17 November 2020 sebagai saksi. Kemudian Gisel menjalani pemeriksaan pada 23 November 2020 di Polda Metro Jaya.

Hingga pada Selasa 29 Desember 2020, Gisel akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Pihak kepolisian juga menyebut bahwa Gisel mengakui bahwa wanita dalam video itu merupakan dirinya.

“Saudari GA akui (sebagai wanita dalam video porno),” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Selasa 29 Desember 2020. Yang juga mengejutkan publik adalah video yang melibatkan Gisel itu terjadi pada tahun 2017 silam.

Dia menyebut bahwa kejadian itu terjadi di Medan, di sebuah salah satu hotel di sana. Diketahui bahwa pada tahun itu Gisel masih berstatus sebagai istri dari Gading Marten.

2. Nikita Mirzani

Nama Nikita Mirzani juga tak luput dari sorotan masyarakat sepanjang tahun 2020 ini. Salah satu yang menjadi sorotan terkait dengan peristiwa kepulangan Habib Rizieq beberapa waktu lalu di Bandara Soekarno Hatta.

Kala itu, Nikita Mirzani melangsungkan live di Instagram. Potongan live tersebut kini beredar luas. Nikita Mirzani menyinggung mengenai penjemputan Habib Rizieq.

“Gara-gara Habib Rizieq sekarang pulang ke Jakarta, penjemputannya gila-gilaan. Setahu gue nama habib itu adalah tukang obat,” kata Nikita Mirzani.

Lalu Nikita Mirzani menyinggung soal dugaan aksi yang akan datang. Ia memandang seseorang yang baru pulang ke Jakarta tersebut banyak membuat ulah.

“Sekalinya pulang bikin ulah, ini manusia udah bikin ulah terus, ntar bikin lagi demo apa, 712, 711? kayak gitu dia agung-agungkan,” ujarnya.

Aksi Nikita Mirzani saat live di Instagram itu kemudian berbuntut panjang. Habib Alwi Bin Muhammad Al’atos kemudian angkat bicara. Ia mengunggah potongan Instagram Live tersebut. Habib Alwi memberi ultimatum terhadap kata-kata Nikita Mirzani.

“Teruntuk Nikita Mirzani yang terang-terangan telah berani menghina imam kami, Habib Muhammad Rizieq Shihab dan yang telah terang-terangan mengatakan habib adalah tukang obat,” kata Habib Alwi.

“Apabila statement yang telah anda sampaikan dalam waktu 1×24 jam, anda tidak mengklarifikasi dan minta maaf maka niscaya saya, Alwi bin Muhammad Al’atos akan membuat LP untuk anda dan umat muslim akan memberikan pelajaran terhadap anda, camkan ucapan saya baik-baik,” ujar Habib Alwi melanjutkan.

Bahkan atas aksinya itu, kediaman Nikita Mirzani sempat didatangi oleh beberapa perempuan berhijab November lalu. Para wanita tersebut dipimpin oleh istri Habib Bahar. Namun mereka tidak bisa melewati pagar perumahan dan hanya sampai di pinggir jalan.

“Kejadian jam 1 siang tadi …..Para syarifah ketika mendatangi rumah nikita mirzani ternyata telah penuh di jaga  oleh polisi, para syarifah yang dipimpin istri habib bahar ingin bertemu langsung dengan nikita, kapolsek langsung turun tangan,” tulis akun YouTube Benteng Aqidah yang mengunggah video tersebut.

Menurut keterangan akun itu Kapolsek, Ketua RT dan RW mengatakan Nikita Mirzani sedang tidak ada di rumah. Mereka berkata siap menemui Nikita Mirzani kapanpun waktunya.

“Kapan pun kita siap bertemu dengan nikita..terserah waktu dia yg atur mau Pagi siang malam atau Subuh sekalipun terserah dia yang penting bisa berjumpa dengan nikita yang telah mencela dan menghina para habaib dengan sebutan HABIB dengan TABIB (TUKANG OBAT) terlebih nya menghina IMAM BESAR HABIB RIZIEQ SYIHAB,” tulisnya.

Tidak hanya itu, karena hal itu juga Nikita Mirzani kembali menjadi sorotan publik lantaran  ujaran kontroversial dengan memilih masuk neraka.

Hal itu terlihat dalam unggahan video singkat di sebuah akun Instagram yang menunjukkan janda tiga anak itu memakai baju kuning. Seraya menatap kamera, presenter itu seperti sedang membaca komentar.

“Suruh gue ngapain lagi? Yasin? Bisa (baca surat) yasin,” papar Nyai, sapaan akrabnya. Ia pun membaca beberapa ayat dengan lafaz yang baik dan tepat. Seraya menyudahi bacaan ayat suci tersebut, Nikita Mirzani nampak sedikit emosi dengan permintaan netizen.

“Lagian gue kan juga udah bilang, gua nggak tergila-gila sama surga, say. Gue mah di neraka juga nggak apa-apa. Gue happy,” ujarnya kembali dengan mimik ceria.

Nikita menyebut, neraka menjadi tempatnya kelak akan memberinya kebahagiaan lantaran banyak bertemu para pesohor dunia. Ia juga berkilah dengan menyebut akan memiliki banyak teman jika masuk neraka.

3. Vannesa Angel

Nama Vanessa Angel juga paling banyak mendapat sorotan publik. Namanya sendiri sempat menghebohkan publik pada awal Januari lalu lantaran kabar pernikahannya dengan Bibi Ardiansyah di kawasan Cinere Depok Jawa Barat.

Nama Vanessa kembali menjadi sorotan tak lama setelah dirinya menikah karena kasus narkoba. Kasus narkoba yang menimpa Vanessa berawal dari penangkapan dirinya dan sang suami, serta seorang wanita berinisial CL di daerah Kembangan Jakarta Barat.

Dalam kasus itu, polisi mengamankan 20 butir psikotropika jenis Xanax yang diduga milik Vanessa. Ketiganya pun menjalani tes urin dimana hasilnya hanya sang suami yang positif menggunakan narkoba. Vanessa pun sempat menjalani hukuman di Rutan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur pada November lalu atas vonis kasus tersebut di PN Jakarta Barat.

Yang menjadi perhatian publik adalah lantaran Vanessa harus berpisah dengan sang anak yang masih untuk menjalani masa hukuman itu. Namun pada Jumat 18 Desember lalu, Vanessa Angel telah keluar dari Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu Jakarta Timur.

Namun, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham Rika Aprianti menegaskan, Vanessa belum dinyatakan bebas murni. Melainkan menjalani asimilasi di rumah.

Ia lantas mengatakan bahwa Vanessa masih harus menjalani masa hukuman hingga beberapa waktu ke depan. “Jadi dia menjalani asimilasi di rumah sampai 17 Januari (2021). Nah, 17 Januari itu bebas murninya,” ujar Rika saat dihubungi.

Lebih lanjut dijelaskan, pemberian asimilasi kepada Vanessa Angel sesuai dengan Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-516.PK.01.04.06 Tahun 2020 tentang Mekanisme Pelaksanaan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 10 Tahun 2020.

4. Vicky Prasetyo

Nama Vicky Prasetyo juga menjadi buah bibir di kalangan masyarakat sepanjang 2020. Namanya sempat menjadi perbincangan lantaran penahanan dirinya.

Vicky ditahan di Rutan Salemba karena laporan mantan istrinya, Angel Lelga. Vicky dituding melakukan pencemaran nama baik setelah menggerebek rumah Angel. Saat kejadian tersebut, keduanya masih berstatus sebagai suami-istri.

Kejadian itu buat Vicky dan Angel saling lapor Namun laporan Angel atas Vicky yang kemudian dinilai memenuhi bukti untuk dilanjutkan ke persidangan. Vicky beberapa kali diperiksa di polisi atas laporan tersebut. Pada 7 Juli 2020, Vicky resmi ditahan di Rutan Salemba.

Namun pada Kamis 17 September 2020, Vicky Prasetyo resmi keluar dari tahanan Rutan (Rumah Tahanan) Salemba, Jakarta Pusat, meski akhirnya bisa bebas namun proses hukum kasus Vicky itu tetap berjalan.

Tidak sampai disitu, namanya kembali menjadi perbincangan publik lantaran menjalin hubungan dengan Kalina Oktarani, mantan istri dari Deddy Corbuzier. Awalnya, hubungan keduanya dianggap settingan oleh netizen, namun hal itu dibantah tegas oleh keduanya di berbagai kesempatan.

Bahkan baru-baru ini Vicky dan Kalina sudah mengurus pernikahan keduanya yang direncanakan akan digelar pada tahun 2021 mendatang. Sebut saja, Kalina dan Vicky telah menjalani sesi foto prewedding bersama Rio Motret.

Saat itu, Vicky dan Kalina memilih untuk menggunakan tiga konsep yakni konsep gladiator dan putri Yunani, konsep Pai Su Cen dan konsep menggunakan pakaian muslim.