by

Deretan Tips Ini Bantu Kurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Deretan Tips Ini Bantu Kurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Bulatin.com – Memiliki wajah mulus dan bebas masalah menjadi impian banyak orang. Namun sayangnya, tak semua orang memilikinya.

Salah satu yang sering menjadi masalah adalah muka berjerawat. Ada beberapa penyebab dari jerawat, di antaranya kotoran, kulit berminyak dan pori-pori tersumbat.

Untuk mengurangi minyak di wajah supaya tak seperti kilang minyak dan mencegah masalah kulit lebih lanjut, ada beragam cara yang bisa dilakukan.

Berikut ini tujuh cara yang patut kamu coba bila sudah putus asa dengan banyaknya minyak di wajah, seperti dilansir dari Times of India.

1. Pilih Pembersih Wajah

Pilih pembersih wajah yang lembut untuk membersihkan minyak. Lakukan rutin dua kali dalam sepekan untuk menghilangkan penumpukan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Tapi ingat, jangan memilih pembersih wajah yang terlalu keras karena justru akan membuat kulit menjadi kering.

2. Aplikasikan Micellar Water

Produk pendukung kecantikan yang sedang menjadi tren ini berfungsi sebagai toner. Micellar water bisa membantu menghilangkan sebum yang tidak perlu dan memastikan kulit tidak terlalu kering.

3. Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak mengandung asam glikolat yang bekerja membantu mengurangi minyak di wajah. Gunakan satu atau dua lembar setiap hari.

4. Pakai Masker Wajah

Masker tanah liat adalah bahan terbaik untuk mengurangi minyak dan kotoran. Gunakan masker ini seminggu sekali. Tambahkan bahan-bahan seperti madu dan shea butter untuk menghidrasi kulit.

5. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Pilih makanan yang baik untuk diet. Makanan kaya antioksidan dan asam lemak Omega 3 bisa memfasilitasi proses kulit yang sehat. Di sisi lain, jauhi makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak.

6. Lakukan Facial

Jika kamu sering ke klinik perawatan kulit untuk facial, jangan melakukan facial uap. Alasannya, facial tersebut bisa mengupas kelembapan kulit, yang pada akhirnya justru membuat kulit makin berminyak.

7. Ke Dokter Kulit

Jika masalah kulit berminyak sudah sulit diatasi, mungkin kamu perlu mengunjungi ahlinya. Datanglah ke dokter kulit untuk meminta bantuan karena kulit berminyak yang parah bisa menimbulkan beragam masalah kulit.