by

Diterjang Puting Beliung Ratusan Rumah Di Sukabumi Porak Poranda

Diterjang Puting Beliung Ratusan Rumah Di Sukabumi Porak Poranda

Bulatin.com – Beberapa ratus rumah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rusak diterjang angin puting beliung yang menempa beberapa kecamatan karena hujan lebat diserta angin kencang dalam dua hari paling akhir ini.

“Kami masih lakukan pendataan pada jumlahnya bangunan yang rusak karena musibah angin puting beliung ini karena tempatnya di beberapa kecamatan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Musibah Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman di Sukabumi, Minggu (13/1).

Info dari BPBD, musibah puting beliung tersebut berlangsung di Jampang Tengah, Kalapanunggal, Gegerbitung, Parakansalak, Cibadak, Bojonggenteng, Caringin, Ciambar, Nagrak dan banyak daerah yang lain.

Keadaan yang sangat kronis berlangsung di Kecamatan Nagrak seperti di Desa Darmareja sekitar 40 rumah rusak mudah, 12 rumah rusak sedang dan lima rusak berat, lalu satu musala rusak sedang, dua kandang ayam rusak berat serta satu penggilingan padi rusak berat.

Lalu, di Desa Kalaparea sekitar 10 rumah rusak mudah dan tiga rumah rusak sedang. Desa Girijaya sekitar lima rumah rusak mudah, enam rusak sedang dan satu rumah rusak berat. Di Desa Pawenang sekitar satu rumah rusak sedang.

Musibah ini juga tidak cuma mengakibatkan kerusakan rumah dan sarana umum serta tempat usaha saja, tapi menumbangkan belasa pohon di sejumlah kecamatan yang terdampak musibah puting beliung.

“Kami masih selalu lakukan pendataan pada bangunan yang rusak dan telah mengerahkan relawan untuk memberi pertolongan dan bekerjasama dengan lembaga yang lain seperti TNI, Polri serta Unit Polisi Pamong Praja,” kata Eka.

Sedangkan, Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi, Entis Daeng, mengatakan, hujan lebat yang turun semenjak pagi sampai malam juga punya potensi berlangsung musibah yang lain seperti banjir dan tanah longsor.

Bahkan juga, pihaknya juga telah terima laporan dari lokasi-lokasi jika berlangsung banjir dan longsor yang saat ini sedang dalam penanggulangan dan pendataan.