by

Gempa 4.9 SR Mengguncang Manokwari Selatan

Gempa 4.9 SR Mengguncang Manokwari Selatan

Bulatin.com – Gempa bumi berkekuatan 4,9 SR mengguncang Propinsi mengguncang Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Gempa terdaftar berlangsung sekira pukul 02.22 WIT.

Kepala BBMKG Lokasi V Jayapura Petrus Demon Sili di Jayapura, Kamis, mengatakan hasil analisa BMKG tunjukkan episenter gempa bumi itu di koordinat 1.50 Lintang Selatan dan 133.85 Bujur Timur atau berada di darat pada jarak 36 km. arah barat Ransiki dengan kedalaman 10 km..

“Dengan memerhatikan tempat episenter dan kedalaman hiposenter, terlihat jika gempa bumi ini termasuk juga dalam klasifikasi gempa bumi dangkal karena kegiatan sesar Region Sesar Manokwari Selatan,” tutur ia, seperti diambil Pada, Kamis (10/1).

Ia mengatakan jika guncangan gempa bumi itu dilaporkan dirasakan di daerah Ransiki III MMI.

Sampai saat ini, belumlah ada laporan mengenai efek kerusakan yang ditimbulkan karena gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tunjukkan jika gempa bumi tersebut tidak punya potensi tsunami.

Sampai pukul 02.50 WIT, katanya, hasil monitoring BMKG belumlah tunjukkan adanya kegiatan gempa bumi susulan. “Pada masyarakat diimbau supaya masih tenang dan tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tuturnya.

Dia pastikan info resmi cuma bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang sudah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), web (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).