by

Gempa di Solok Selatan Membuat Kerugian Sampai Puluhan Miliar

Gempa di Solok Selatan Membuat Kerugian Sampai Puluhan Miliar

Bulatin.com – Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan bila kerugian meteril karena gempa bumi magnitudo 5,3 yang berlangsung pada Kamis pagi, 28 Februari 2019, ditaksir sampai Rp25 miliar lebih. Angka ini didapati sesudah dikerjakannya proses pendataan pada 479 unit rumah masyarakat yang rusak serta 15 unit sarana umum lainnya.

Rinciannya, Rp8,4 miliar di Nagari Sungai Kunyit serta Sungai Kunyit Barat, Ranah Pantai Cermian Rp4,1 miliar, Nagari Talunan Maju Rp2,6 miliar, Nagari Bidar Alam Rp1,1 miliar, Nagari Lubuk Malako Rp634 juta serta Nagari Talao Rp115 juta.

“Selama ini, Kementerian PUPR sudah lakukan penelusuran serta lakukan pendataan pada efek rusaknya yang muncul karena gempa. Hasil pendataan ini, akan jadikan catatan penting untuk langkah setelah itu, terutamanya melakukan renovasi rumah-rumah masyarakat. Sebab, berdasar pada hasil tinjauan dilapangan, beberapa rumah ada yang rusak berat serta bahkan juga mustahil untuk ditetapi hingga mesti dibuat baru,”kata Muzni Zakaria, Jumat malam, 1 Maret 2019.

Menurut Muzni, rusaknya bangunan yang muncul karena gempa ini terbagi dalam, 116 rusak berat, 152 rusak tengah, serta 211 rusak mudah. Rata-rata, bangunan yang rusak itu, dikarenakan oleh susunan bangunan yang tidak penuhi standar pembangunan. Oleh karena itu, saat pemulihan gempa ini, pihaknya akan menolong membuat design bangunan tahan gempa.

Muzni Zakaria pun pastikan, bila pihaknya akan lakukan pelajari pada bangun-bangunan yang akan dibuat. Bahkan juga, pihaknya akan menolong membuat design bangunan dengan konstruksi yang tahan gempa.

“Banyak bangunan rusak karena susunan bangunan yang tidak penuhi standar. Kita lihat banyak rumah-rumah yang baru itu justru rubuh, bahkan juga ada rumah yang telah lama justru kuat. Pelajari bangunan saya duga dengan peristiwa (gempa) ini baru sesekali ini berlangsung. Yang umumnya longsor serta banjir, ini justru gempa,” katanya.