by

Harga Gabah serta Beras di Penggilingan Alami Penurunan

Harga Gabah serta Beras di Penggilingan Alami Penurunan

Bulatin.com – Perubahan harga gabah kering panen (GKP) ataupun gabah kering giling (GKG) di tingkat petani ataupun penggilingan, sampai harga beras di tingkat produsen alami penurunan. Itu berlangsung walau beras di tingkat grosir serta eceran alami kenaikan harga pada Februari 2019.

Berdasar pada catatan Tubuh Pusat Statistik, harga GKP di tingkat petani pada periode itu alami penurunan sebesar 4,46 % dengan bulanan serta 1,79 % dengan tahunan. Sesaat GKG pun alami penurunan 2,23 % dengan tahun, sedangkan dengan bulanannya alami kenaikan 0,83 %.

Deputi Bagian Statistik Distribusi serta Layanan BPS, Yunita Rusanti, menjelaskan untuk GKP yang alami penurunan harga, dari Rp5.353 di Januari lantas jadi sebesar Rp5.114 per kg. Sedang, untuk GKG alami kenaikan harga, dari Rp5.780 jadi Rp5.828 per kg di tingkat petani.

“Year on year ini untuk GKP pun alami penurunan, GKG pun alami penurunan. Jadi, yang bertambah GKG month to month sebab perubahan ini kan di Februari banyak wilayah telah masuk waktu musim panen, tetapi belumlah panen raya,” kata Yunita di Kantor Pusat BPS Jakarta, Jumat 1 Maret 2019.

Mengakibatkan, lanjut ia, rata-rata harga gabah di tingkat produsen atau penggilingan dengan tahunan serta bulanan alami penurunan. Dengan bulanan turun 4,24 sedangkan tahunannya 1,56 %. GKP di tingkat penggilingan turun dari sebesar Rp5.453 jadi seharga Rp5.222 per kg, sedangkan yang GKG nya masih tetap naik dari Rp5.903 jadi Rp5.952 per kg.

Begitupun untuk harga beras di tingkat penggilingan, baik untuk kualitas premium, medium, serta rendah, lanjut Yunita, pun alami penurunan dengan bulanan ataupun tahunan. Yaitu, semasing jadi seharga rata-rata Rp10.008, Rp9.800, serta Rp9.474 per kg dengan penurunan semasing sebesar 1,02 %, 1.04 %, serta 0,65 % dengan bulanan.

Walau demikian, ia memberikan, penurunan harga jual gabah yang berefek pada turunnya harga beras di tingkat produsen itu tidak berlangsung di tingkat grosir ataupun eceran. Karena, di tingkat grosir ataupun eceran harga beras alami kenaikan, semasing sebesar 0,09 % serta 0,27 %.

“Di tingkat grosir masih tetap naik. Demikian pula di tingkat eceran, harga beras masih tetap naik pada Februari 2019. Ini bisa saja dampak ada stock di bulan awal mulanya, yang harga nya masih tetap tinggi,” papar Yunita.