by

Hari Pertama UTBK SBMPTN Tahun Ini Diklaim Berjalan Mulus

Hari Pertama UTBK SBMPTN Tahun Ini Diklaim Berjalan Mulus

Bulatin.com – Ini hari jadi hari pertama penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sekitar 24 kali ujian akan dikerjakan mulai 13 April sampai 26 Mei 2019.

“Ini hari kita melakukan hari pertama UTBK serta ini akan dikerjakan sekitar 24 kali,” kata Menristekdikti Muhammad Nasir di Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.

Ia mengatakan jika pihaknya telah lakukan penelusuran peserta di semua Indonesia, dari mulai lokasi Aceh sampai Papua. Hasil dari penelusuran itu, Nasir menjelaskan jika semua berjalan dengan baik serta tidak ada masalah.

Tahun ini jadi pertama kali penyelenggaraan ujian perguruan tinggi memakai UTBK. Nasir mengapresiasi panitia pelaksana UTBK.

“Penduduk Indonesia dapat memperoleh universitas sesuai yang diharapkan serta sesuai nilai yang diputuskan,” katanya.

Nasir menjelaskan jika universitas tidak memastikan passing grade semasing. Peserta sendiri akan memperoleh nilainya 10 hari sesudah ujian berjalan. Nilai itu memastikan perguruan tinggi manakah yang dapat dituju atau ingin dijajal dalam 1x lagi ujian.

Sesaat universitas baru mengetahui jumlahnya peserta sesudah ujian. Nilai paling rendah akan tampak waktu itu juga.

“Contohnya, jumlahnya peserta 2000 tetapi yang diambil 100 angkanya akan disaksikan paling rendah. Jika paling rendah angka 90 mengagumkan. Kriteria lain akan diserahkan pada universitas,” kata Nasir.

Ia mengharap mudah-mudahan ujian berjalan dengan baik. Selain itu, pihaknya merencanakan memajukan ujian pada Januari di tahun depan.

“Kelak tahun depan saya akan kemukakan (ujian) bukan bulan April tetapi Januari, sesudah semesteran SMA selesai,” katanya.