by

Hari Tanpa Bayangan, Suhu Udara DIY Diprediksi Berkisar 34-36 C

Hari Tanpa Bayangan, Suhu Udara DIY Diprediksi Berkisar 34-36 C

Bulatin.com Suhu udara di lokasi Yogyakarta ini hari diperkirakan akan bertambah bersamaan dengan fenomena hari tanpa bayangan. BMKG memprediksi suhu udara di Yogyakarta serta sekelilingnya sampai 36 derajat celcius.

“Untuk siang hari ini suhu udara maximum di Yogya diperkirakan sekitar 34-36 C,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono kala diminta konfirmasi , Sabtu (13/10/2018).

BMKG merilis fenomena hari tanpa bayangan di Yogyakarta akan berlangsung ini hari jam 11.24 WIB. Saat itu, tempat matahari pas tegak lurus dari lintang pengamat.

“Jadi tempat matahari tegak lurus diatas lokasi kita. Serta biasanya saat matahari tempatnya tegak lurus pada satu objek, maka memperoleh curahan matahari yang semakin besar atau panas,” tuturnya.

“Tapi dengan catatan keadaan langit tengah cerah ataukah tidak ada awan yang bisa menghambat masuknya radiasi matahari ke bumi. Jadi tidak langsung hari tiada bayangan membuat suhu udara jadi sangat panas dikondisi itu,” paparnya.

Djoko memberikan efek yang lain saat berlangsung fenomena hari tanpa bayangan. Yaitu kelembapan udara rendah kurang dari 40 % serta cuaca berasa panas menusuk sampai beberapa hari sesudah hari tanpa bayangan.

“Kami imbau penduduk memakai pelindung surya untuk kurangi sengatan matahari, bawa serta bekal atau minuman saat kegiatan di luar ruang, serta up-date info cuaca dari BMKG,” ujarnya.