by

Ikan Lemuru Memiliki Banyak Kandungan DHA Dan EPA

Ikan Lemuru Memiliki Banyak Kandungan DHA Dan EPA

Bulatin.com Menteri Susi Pudjiastuti sarapan menggunakan menu ikan lemuru pada Minggu (14/10/2018). Ikan lemuru mungkin masih tetap asing buat penduduk yang tinggal jauh dari pantai. Akan tetapi ikan ini sebenarnya banyak diketemukan di pesisir pantai selatan Jawa mencakup Jawa Timur, Bali, serta Lombok.

Lemuru memiliki kandungan lebih banyak asam dokosaheksaenoat (DHA) serta asam eikosapentanoik (EPA) di banding salmon. Lemuru miliki 21,77 % EPA serta 11,59 DHA yang disebut elemen dari omega 3. Sesaat salmon cuma memiliki kandungan 21,07 % EPA serta 10 % DHA. Lemuru dipakai menjadi bagan ikan sarden, bahan tepung ikan, atau bahan pakan ternak.

Diambil dari beberapa sumber, 0mega 3 telah dapat dibuktikan baik untuk kesehatan jantung dengan menahan terjadinya sumbatan dalam pembuluh darah (arteroklerosis). Omega 3 masuk dalam mencegah primer arterosklerosis serta banyak direferensikan menjadi pelindung jantung (cardioprotection). Keseluruhannya kandungan omega 3 dalam lemuru sekitar 23,5-30,6 % tergantung dari macamnya.

Tidak hanya omega 3, lemuru ikut memiliki kandungan beberapa type nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan. Nutrisi itu diantaranya protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, serta C. Lemuru semestinya janganlah di proses dengan kebanyakan minyak, gula, serta garam untuk menjaga manfaatnya.

Sekarang ini, Lombok masih tetap terdaftar menjadi lokasi dengan tingkat produktivitas lemuru paling tinggi. Situasi keadaan di garis tepi pantainya lebih pas untuk reproduksi lemuru di banding Bali serta Jawa Timur.