by

Ini Cara Terbaik Tolak Teman yang Mau Ngutang

Jakarta – Tidak jarang ditemui teman dekat atau keluarga datang untuk minta bantuan pinjaman uang. Hal ini terkadang membuat dilema, terlebih bila orang yang meminjam susah ditagih.

Di sisi lain, Anda punya uang tapi sudah ada rencana untuk kebutuhan lain. Lantas harus gimana?

Perencana Keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie menyarankan, ketahui uang tersebut untuk apa sehingga mereka harus berutang. Jika memang untuk kebutuhan mendesak, pertimbangkan untuk Anda membantu semampunya.

“Jika memang mereka kesulitan akibat musibah, mungkin pertimbangkan bantuan semampunya. Jika tidak, tidak masalah kok mau menolak,” kata Prita kepada detikcom melalui pesan singkat, Sabtu (9/11/2019).

Sementara Perencana Keuangan Financial Consulting Eko Endarto mengatakan, jika tidak mau memberikan utang bisa beralasan bahwa Anda sedang tidak punya uang.

“Kalo memang tidak berniat untuk minjemin, sebaiknya bilang aja nggak ada uang. Dia kan nggak tahu kita punya uang apa nggak. Cuma dia berspekulasi saja moga-moga dapet,” kata Eko saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/11/2019).

Untuk membuat orang yang mau ngutang percaya bahwa Anda sedang tidak punya uang, jangan perlihatkan status atau unggahan seperti Anda sedang berlibur atau jalan-jalan.

“Jangan pernah memperlihatkan kita punya uang. Misalnya dengan selfie dimana-mana, jalan-jalan kemana, ya terlihat kita punya uang kan,” saran Eko.

Menurut Eko, orang akan sering berutang jika pernah dipinjamkan uang oleh orang tersebut. Sehingga, jika Anda memberikan utang sekali, mereka akan terus-terusan berutang kepada Anda.

“Orang mau minjem ke kita karena punya historical bahwa mereka pernah dapat dari kita. Sehingga itu yang membuat orang itu jadi gampang. Ketika dapet terus-terusan jadinya,” katanya.

sumber : detik