by

Ini Daftar Aplikasi Smartphone yang Bikin Baterai Cepat Habis

Aplikasi smartphone paling boros baterai meskipun kamu tidak menggunakannya tentu sangat menjengkelkan. Terlebih aplikasi smartphone paling boros baterai ini punya kemampuan menguras data internet.

Bahkan, jika smartphone milikmu tak cukup kuat, maka aplikasi tersebut bisa membuat ponsel overheating atau cepat panas, sehingga kamu harus mengisi daya berkali-kali. Aplikasi penguras baterai pada umunya aplikasi populer. Berikut ini ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

7 Aplikasi Smartphone Paling Boros Baterai

Facebook

Facebook merupakan aplikasi media sosial dengan pengguna terbanyak dan juga pengisap daya terbesar pada baterai smartphone.

Hal itu karena Facebook memuat berbagai konten yang membuat kinerja smartphone menjadi berat, seperti foto, video, tulisan, dan link.

Pihak Facebook pun sadar akan masalah tersebut, sehingga mereka meluncurkan Facebook Lite sebagai versi mini aplikasinya.

Namun, dengan menggunakan aplikasi versi mini Facebook, ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses oleh penggunanya.

Meski begitu, Facebook Lite bisa dijadikan solusi untuk mencegah daya baterai smartphone tidak boros.

Tik Tok

Tik Tok merupakan salah satu aplikasi smartphone paling boros baterai yang banyak disukai kalangan anak-anak dan remaja. Selain menguras baterai, aplikasi tersebut juga menguras RAM, dan data internet tentunya.

Aplikasi Tik Tok banyak memuat video yang menyebabkan baterai smartphone cepat terkuras. Sebab, penggunanya harus mengaktifkan data internet dengan kamera secara bersamaan.

Untuk menghemat baterai dan data internet, pengguna harus mematikan aplikasi tersebut ketika sedang tidak digunakan.

Snapchat

Snapchat masuk sebagai aplikasi smartphone paling boros baterai. Karena, selain punya banyak fitur, media sosial tersebut juga harus memproses video dan foto.

Sejumlah pengguna pun mengaku baterai smartphone mereka menjadi lebih awet setelah melakukan uninstall aplikasi Snapchat.

Untuk menghemat daya baterai, sebaiknya matikan data aplikasi Snapchat kalau kamu sedang tidak menggunakannya.

Selain itu, untuk menghindari loading video dan foto, kamu aktifkan juga fitur Travel Mode yang ada pada aplikasi tersebut.

Tinder

Tinder adalah sebuah aplikasi yang mendorong aktivitas sosial penggunanya, namun aplikasi tersebut menguras banyak daya baterai smartphone.

Penyebabnya karena Tinder secara terus-menerus mendeteksi lokasi, sehingga kamu dapat menemukan lokasi orang-orang yang terdekat dengan posisimu.

Untuk mengurangi daya yang diserap Tinder, kamu bukan saja harus menutup aplikasi, tapi juga mematikan semua notifikasi saat sedang tidak memerlukannya.

Aplikasi Berita

Aplikasi berita penting supaya kamu tidak ketinggalan informasi. Tapi sayangnya aplikasi berita juga menjadi salah satu aplikasi smartphone paling boros baterai.

Sebab, aplikasi tersebut akan terus membagikan berita terbaru setiap saat, sehingga samrtphone harus di-refresh secara konstan.

Namun, masalah tersebut gampang diatasi. Kamu tinggal beralih mengakses beritanya langsung melalui situs.

Tapi kalau kamu lebih suka mengaksesnya lewat aplikasi, lakukan seperti pada aplikasi penguras baterai lainnya, yakni cukup aktifkan ketika kamu ingin membukanya.

Aplikasi Bawaan di Smartphone Samsung

Aplikasi smartphone paling boros baterai salah satunya aplikasi bawaan yang ada pada handphone Samsung.

Setiap smartphone Android memang memiliki aplikasi bawaan yang terpasang secara otomatis, terutama Samsung.

Mungkin pengguna ponsel Android Samsung tidak banyak menggunakan aplikasi bawaan, tapi mereka tetap saja berjalan di background. Seperti halnya Samsung Link, WatchOn, dan Beaming Service for Samsung.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa mematikannya melalui pengaturan ponsel, yakni buka Setting-Application Manager-All lalu klik aplikasi yang ingin kamu pilih. Kemudian, matikan Show Notifications, lalu klik Clear Data > Disable.

Aplikasi Streaming Video

Aplikasi yang melibatkan visual rata-rata akan menguras banyak daya baterai. Begitu pula dengan aplikasi streaming video seperti Netflix, YouTube dan yang lainnya.

Untuk mengatasi daya baterai tidak cepat habis, salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan yaitu mengatur tingkat kecerahan layar smartphone ke tingkat paling rendah, dan jangan gunakan bluetooth.

Selain itu, bisa juga dengan cara memasang aplikasi optimasi daya baterai, seperti aplikasi Avast Battery Saver, Greenify, DU Battery Saver, dan aplikasi serupa lainnya.