by

Inilah Sebab Letak Kancing Baju Wanita Dan Pria Berbeda

Inilah Sebab Letak Kancing Baju Wanita Dan Pria Berbeda

Bulatin.com – Jika kamu memakai baju pria, kancing biasanya ada di sisi sebelah kanan. Namun kancing di baju wanita, ada di sisi yang berbeda, yakni di sebelah kiri.

Pernahkan kamu penasaran mengapa posisi kancing tersebut berbeda untuk baju pria dan wanita? Tidak ada yang benar-benar yakin soal itu.

Namun dikutip dari Insider, Jumat, 20 April 2018, penjelasan yang paling umum adalah karena pakaian pada zaman dahulu juga digunakan untuk membawa senjata bagi kaum pria. Sehingga posisi kancing di sisi kanan akan memudahkan mereka membuka kemeja atau baju dengan tangan kiri.

Chloe Chapin, seorang sejarawan fesyen mengatakan bahwa hal ini dapat ditelusuri kembali melalui sejarah militer. Jika pria memiliki senjata tersembunyi di bajunya, lebih mudah untuk menjangkau dengan tangan yang dominan. Jadi jika kancing di sebelah kanan, secara teoritis mereka dapat menyelipkan tangan kanan ke baju atau jaket dengan lebih mudah.

Sebelum banyaknya penggunaan senjata di Eropa, alasannya sedikit berbeda, seperti yang dicatat Megan Garber di The Atlantic. Beberapa ahli berpendapat bahwa itu karena pria membawa pedang.

“Pedang seorang pria selalu dikenakan di sisi kiri, sehingga bisa ditarik dengan tangan kanan,” kata Paul Keers, penulis A Gentleman’s Wardrobe.

Sebagai indikasi gaya hidup maskulin, tradisi ini kemudian meluas ke item pakaian pria lainnya. Sementara letak kancing baju wanita di sebelah kiri, menurut Melanie Moore selaku pendiri Elizabeth & Clarke, bisa jadi karena ketika kancing diciptakan pada abad ke-13, wanita yang mengenakan baju itu belum tentu memakainya sendiri.

“Perempuan kaya pada saat itu tidak berpakaian sendiri, pembantu mereka yang melakukannya. Karena kebanyakan orang tidak kidal, ini memudahkan seseorang yang berdiri di hadapannya untuk mengancingkan bajunya,” kata Moore.

Itulah teori yang paling umum, tetapi ada beberapa teori lain. Salah satunya adalah wanita menggendong bayi menggunakan tangan kiri, sehingga membutuhkan tangan kanannya untuk membuka kancing baju saat menyusui.

Namun, ada teori lain yang menyebutkan bahwa posisi kancing di sebelah kiri itu menunjukkan gaya modis bagi wanita kaya saat naik kuda dengan posisi menyamping. Kancing di sebelah kiri juga akan mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam baju wanita.