by

Instagram Segera Berikan Monetisasi untuk para kreator di IGTV

Instagram dilaporkan sedang melakukan ujicoba monetisasi di IGTV. Hal ini dilakukan melalui Partner Program yang memungkinkan kreator IGTV untuk menjalankan iklan di video mereka. Sebelumnya langkah ini berhasil di Facebook. Karena itulah, skema yang sama juga dilakukan di Instagram.

Jane Manchun Wong membagikan bocoran tersebut di akun Twitternya. Dalam gambar yang ia bagikan, kreator di IGTV dapat memperoleh uang dengan menjalankan iklan singkat di video IGTV mereka. Hal ini dipandang serupa dengan langkah Facebook yang meletakkan iklan di tengah video yang sedang berjalan.

Untuk diketahui, hal ini bisa menjadi angin segar bagi para influencer dan konten kreator di Instagram. Selama ini mereka hanya mengandalkan sponsorship dari pihak ketiga untuk mendapatkan keuntungan dari platform tersebut.

Agak aneh juga melihat Instagram justru memanfaatkan IGTV untuk memulai monetisasi ini. Pasalnya perusahaan ini diketahui mulai menarik promosi IGTV secara perlahan-lahan. Hal ini dimulai sejak Instagram menghilangkan tombol IGTV dari halaman muka aplikasi tersebut. Kendati begitu, IGTV masih dapat diakses dari beberapa tempat di dalam aplikasi, misalnya melalui tab Discover.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa persyaratan yang diperlukan agar monetisasi ini dapat berlangsung. Meski begitu, dalam cuitannya di Twitter, Adam Mosseri – bos Instagram, mengatakan bahwa pihaknya masih mencari lebih banyak cara untuk membantu para konten kreator. Ia sendiri mengatakan tinggal menunggu waktu sampai program seperti ini akan berjalan.

Dilansir dari TheNextWeb (8/1), prediksi mengenai monetisasi IGTV sebenarnya sudah terjadi sejak April tahun lalu. Hal itu disampaikan oleh Justin Anthony, orang yang bertugas mencari talent di balik IGTV.