by

Iran Himbau Turki Sudahi Operasi Militernya

Iran Himbau Turki Sudahi Operasi Militernya

Bulatin.com – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi menyebutkan, Turki mesti segera hentikan operasi militer di distrik Afrin, Suriah. Iran meminta Turki untuk menghormati integritas satu wilayah serta kedaulatan Suriah.
” Iran ikuti perkembangan yang sedang berjalan di kota Afrin di Suriah, serta mengharapkan kalau operasi ini juga akan segera selesai untuk menghindar krisis yang mendalam di lokasi perbatasan Turki serta Suriah, ” kata Qassemi dalam satu pernyataan, Senin (22/1/2018).
Diplomat Iran memberikan kalau Teheran menginginkan Ankara membuat perlindungan integritas teritorial Suriah serta menjauhkan eskalasi krisis di negara Timur Tengah.
Operasi militer yang disebut dengan Operasi Olive Branch yang diluncurkan oleh Ankara sudah dikritik keras oleh Damaskus, sesaat beberapa negara beda, seperti Jerman mengungkapkan keprihatinannya atas perubahan di lokasi itu.
Ini tidaklah operasi militer pertama Turki di lokasi perbatasan dengan Suriah sepanjang perseteruan berdarah berlangsung di negara itu. Tahun lalu, Turki juga lakukan operasi militer di lokasi perbatasan dengan nama Operasi Perisai Eufrat. Waktu itu tujuan dari operasi ini yaitu lokasi Idlib Suriah untuk mendorong pejuang ISIS jauh dari perbatasan serta menghentikan laju pejuang Kurdi.