by

Isi Surat Dari Korban Selamat Kapal Titanic

Isi Surat Dari Korban Selamat Kapal Titanic

Bulatin.com – Sebuah surat langka yang ditulis di atas RMS Titanic akan dilelang. Surat tersebut menceritakan secara rinci hari-hari terakhir di kapal yang naas itu.

Menurut rumah lelang Henry Aldridge & Son, surat ditulis oleh korban selamat dari penumpang kelas dua bernama Kate Buss pada 10 April 1912, setelah dia meninggalkan Southampton, Inggris,

“Ini adalah surat yang luar biasa dan telah dimiliki keluarga tersebut sejak Buss menulisnya di Titanic,” kata Andrew Aldridge, pemilik rumah lelang Henry Aldridge & Son, seperti dilansir dari New York Post.

Aldridge menambahkan, bahwa surat itu ditulis lebih dari empat sisi dengan tinta hitam. Surat dari Buss ditujukan kepada Percy James dan mencatat bahwa dia menerima surat James ketika berada di kapal dan dia telah memberi tahu ibunya dan Nyonya Lingham.

“Saya sudah cukup baik-baik saja, tetapi sekarang merasa lelah dan lebih baik tidur daripada melakukan apa pun,” tulis Buss dalam surat itu.

Surat Buss memberikan pandangan sekilas tentang kehidupan di Titanic, yang tenggelam di Samudera Atlantik pada dini hari tanggal 15 April 1912, hanya lima hari setelah pelayaran perdananya dimulai. Ada sekitar 2.224 orang di atas kapal, 1.503 di antaranya tewas, membuatnya menjadi salah satu tragedi kapal paling mematikan dalam sejarah modern.

“Peters menghabiskan sekitar satu jam di kapal dan mereka mungkin dengan mudah menghabiskan waktu. Apartemen kelas satu sangat megah, kecuali jika Anda pertama kali melihatnya, Anda akan berpikir sama dengan kelas dua,” bunyi surat itu.

Buss juga menulis bahwa mereka belum mencapai Cherbourg, Prancis. Dia juga menulis bahwa penumpang yang bersamanya di kabinnya belum muncul. Namun dua pendeta di depannya menyarankan dia untuk makan siang.

Buss juga menulis bahwa dia harus segera bersih-bersih dan mencuci, sehingga dia akan menaruh surat itu di kotak pos sebelum dia mabuk laut besok hari. “PW membawa sekotak cokelat, seharusnya tidak bertanya-tanya apakah saya suka Jim Buss dan mendapatkannya dengan cara lain. Titip cintaku untuk semua orang, harus pergi. Banyak cinta dari Kate,” tutupnya.

Surat itu akan ditawarkan dengan kisaran harga Rp390 juta hingga Rp487 juta. Buss diselamatkan di sekoci nomor 9 ketika Carpathia menjemputnya. Buss adalah orang yang terakhir diturunkan karena ketakutannya terhadap ketinggian. Buss meninggal pada 12 Juli 1972 di usia 96 tahun.