by

Jakarta Hasilkan Ribuan Ton Sampah Setiap Hari

Jakarta Hasilkan Ribuan Ton Sampah Setiap Hari

Bulatin.com Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Isnawa Adji mengutarakan, sehari-hari DKI membuahkan sangat banyak sampah. Banyaknya sampai beberapa ribu ton. Ia mengharap, supaya masyarakat selekasnya meningkatkan bank sampah, untuk kurangi penimbunan.

“Sekarang, volume sampah se-Jakarta, 7.250 ton /hari, ini mesti dipikirkan bersamanya. Bank sampah bukan perihal yang menakutkan, harusnya bank sampah menjadi daya tarik buat masyarakat DKI,” tutur Isnawa di Jakarta,Senin 26 November 2018.

Isnawa miliki fakta, supaya masyarakat ingin mengurus sampah. Pengurangan sampah pada sumber ialah yang penting. Karena, TPST Bantargebang cuma dapat beroperasi seputar 2,5 tahun kembali.

Ia memberikan, bank sampah dapat dilakukan di kantor, di sekolah atau tempat mana saja, “Bank Sampah induk di Jakarta Barat itu telah Rp4,5 miliar saldonya,” kata dia.

Isnawa menjelaskan, Pemprov DKI ikut selekasnya keluarkan Pergub larangan pemakaian plastik sekali gunakan atau kantong kresek.

Sementara itu, beberapa bank sampah penerima animo akan diberikan hadiah tunai untuk meningkatkan program sampah.

Di kesempatan yang sama, Head of Sustainable Business serta Yayasan Unilever Indonesia, Sinta Kaniawati mengemukakan, semenjak 2001, Unilever sudah mengawali Program Green and Clean, serta pada tahun ini, program ini diluncurkan kembali di 18 kota besar untuk menguatkan manajemen Bank Sampah di penduduk.

“Hingga sekarang ini, ada 2.816 Bank Sampah binaan Unilever di semua Indonesia yang sudah menolong kurangi 7.779 ton beban sampah ke TPA di tahun 2018. Di Jakarta sendiri, telah ada seputar 394 Bank Sampah yang didampingi oleh Unilever dengan keseluruhan sampah yang dikelola sebesar 1.326 ton di tahun 2018,” katanya.