by

Jelang Musim Hujan BMKG Himbau Untuk Bersihkan Saluran Air

Jelang Musim Hujan BMKG Himbau Untuk Bersihkan Saluran Air

Bulatin.com Kemarau panjang masih tetap berlangsung di lokasi Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Beberapa kecamatan alami kekeringan serta kekurangan sumber air bersih.

Meskipun begitu, Badan Meteorologi Kriminologi serta Geofisika (BMKG) meramalkan Bulan November yang akan datang hujan akan turun. Pada peralihan musim itu lokasi Kabupaten Bandung riskan berlangsung gerakan tanah.

“Di lokasi Kabupaten Bandung, musim kemarau sampai Akhir Oktober. Masuk musim hujan di awalnya November,” kata Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya lewat pesan singkat, Jumat (12/10/2018).

Agus menjelaskan, pada perubahan musim itu penduduk Kabupaten Bandung mesti waspada kekuatan bencana alam pergerakan tanah yang setiap saat bisa berlangsung.

Kekuatan pergerakan tanah itu bisa berlangsung di lokasi yang awal mulanya pernah alami pergerakan tanah. “Di daerah yang pernah alami gerakan tanah di beberapa tahun awal mulanya,” tururnya.

Kekuatan pergerakan tanah itu berlangsung pada awal musim hujan atau saat musim kemarau. Penduduk mesti menghadapi dengan bersihkan aliran air.

“Jadi ada kekuatan pergerakan tanah, saat awal musim hujan. Butuh diantisipasi dengan lihat sekitar lingkungan. Bersihkan aliran air,” katanya.

Sementara untuk potensi banjir di lokasi Kabupaten Bandung diperkirakan dari Bulan November sampai April. “Banjir potensi nya pada musim hujan di November sampai April,” imbuhnya.