by

Jokowi Diprediksi Bakal Pilih Moeldoko Jadi Cawapres

Jokowi Diprediksi Bakal Pilih Moeldoko Jadi Cawapres

Bulatin.com – Nama Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, marak di beritakan menjadi salah satunya calon terkuat cawapres yang akan mengikuti Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan presiden 2019. Sekarang ini, dukungan pada Moeldoko menjadi calon wakil presiden Jokowi juga selalu mengalir.

Bahkan juga di sejumlah daerah, beberapa penduduk sudah mengumumkan diri menjadi relawan Jokowi-Moeldoko.

Pengamat politik sekaligus juga Direktur Analisa Politik Indonesia (API) Maksimus Ramses Lalongkoe menyampaikan tim Jokowi dapat lihat kesempatan yang berada di figur Moeldoko. Ditambah lagi, bila tim oposisi mengangkat Prabowo Subianto serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

” Berarti mungkin saja ini salah satunya tanda hingga nama Moeldoko kan disebut-sebut berada di kantong Jokowi begitu. Kalaupun contohnya grup Prabowo mengangkat AHY, saya meyakini mereka (tim Jokowi) ambil Moeldoko, ” tutur Ramses pada wartawan, Rabu 8 Agustus 2018.

Ia menyampaikan, lumrah saja jika nama Moeldoko muncul serta bahkan juga dipilih menjadi calon wakil presiden Jokowi. Karena, Moeldoko mempunyai bekal untuk ada di tempat itu. ” Pertama, Pak Moel itu kan memiliki latar belakang kepemimpinan yang bagus lah di TNI, ” tuturnya.

Selain itu, Moeldoko dinilai Ramses menjadi salah satunya tokoh yang dapat menangani kelompok-kelompok yang sering mainkan rumor SARA dalam tiap-tiap acara pesta demokrasi. Hal tersebut juga adalah bekal buat Moeldoko menjadi calon wakil presiden.

” Saya duga dia salah satunya tokoh yang dapat mendesak kelompok-kelompok yang bermain rumor SARA kan. Kemampuan atau potensi-potensi berikut yang sebenarnya menggerakkan Moeldoko jadi calon wakil presiden, ” katanya.

Tidak cuma itu, dosen Universi tas Mercu Buana Jakarta ini menyebutkan, Moeldoko mempunyai jaringan yang baik menjadi modal memperoleh nada di pemilihan presiden, bila bekas panglima TNI itu diambil Jokowi menjadi calon wakil presiden. Hal seperti ini berkaitan jabatan Moeldoko menjadi ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

” Dari segi jaringan, Moeldoko kan miliki jaringan memakai HKTI tersebut, lalu dia juga miliki jalinan sosial yang baik dengan semua pihak, ” katanya.