by

Jokowi Lantik Letjen Doni Monardo Sebagai Kepala BNPB

Jokowi Lantik Letjen Doni Monardo Sebagai Kepala BNPB

Bulatin.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Letjen TNI Doni Monardo menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) di Istana Negara Jakarta, hari ini. Perihal ini dibetulkan oleh Staf Spesial Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP.

“Ya benar, Doni Monardo dilantik pagi ini menjadi Kepala BNPB oleh Presiden,” tutur Johan Budi saat di konfirmasi, Rabu (9/1).

Berdasar pada surat undangan yang di kirim oleh Kepala Pusat Info dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jokowi akan melantik Kepala BNPB di Istana Negara Jakarta Pusat, pukul 09.00 WIB. Surat undangan tersebut datang dari pihak Istana.

Presiden Joko Widodo awal mulanya diskedulkan melantik Letjen Doni Monardo menjadi kepala BNPB pada Senin 31 Desember 2018. Bahkan juga, undangan pelantikan telah menyebar satu hari awal mulanya.

Akan tetapi, Minggu 30 Desember 2018 malam gagasan tersebut mendadak diurungkan. Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat itu beralasan presiden mesti selekasnya berkunjung ke korban tsunami Selat Sunda di Lampung.

Dengan tempat dibawah pengaturan Menko Polhukam, lanjut ia, BNPB diinginkan bisa lebih efisien. Karena, dalam perlakuan responsif darurat, Menko Polhukam-lah yang saat ini menggenggam kendali.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (purn) Moeldoko mengharap tempat BNPB dapat di isi tentara aktif. Moeldoko mengatakan, dengan status tentara aktif, ada beberapa keuntungan yang dapat diambil.

Diantaranya, mempermudah pengaturan dengan TNI. Karena, dalam perlakuan musibah, prajurit TNI pun diturunkan.

Sesaat, Doni Monardo merupakan tentara aktif. Waktu ini ia menjabat sekretaris jenderal Dewan Ketahanan Nasional. Berlainan dengan pendahulunya, Willem Rampangilei, yang telah terlepas dari dinas ketentaraan.