by

Jokowi Yakin Pemilu 2019 Bakal Berlangsung Aman Dan Damai

Jokowi Yakin Pemilu 2019 Bakal Berlangsung Aman Dan Damai

Bulatin.com – Pemilu serentak 2019 akan berjalan kurang dari setahun lagi. Presiden Jokowi membawa rakyat Indonesia menyongsong pesta demokrasi itu dengan keceriaan, ketertarikan yang tinggi, serta kedewasaan politik yang makin masak.

“Saya meyakini, dengan pengalaman yang panjang dalam berdemokrasi, Insya Allah, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dengan serentak di tahun 2019 akan berjalan dengan aman, damai, dan demokratis,” kata Jokowi saat membacakan pidato di sidan g bersama dengan DPR dan DPD di gedung Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Jokowi juga membanggakan Indonesia menjadi negara dengan masyarakat muslim paling besar didunia, sekaligus juga jadi negara demokrasi paling besar ke empat didunia.

“Kita sudah berhasil terlepas dari ketakutan pada ancaman instabilitas dan kekerasan politik dalam tiap-tiap pergantian kepemimpinan nasional ataupun daerah,” katanya.

Jokowi merujuk pada damainya penyelenggaraan 101 satu pilkada serentak di tahun 2017 dan 171 pilkada serentak di tahun 2018.

“Kita bersukur mempunyai Pancasila menjadi sumber daya ideologis bangsa, yang memandu semua anak bangsa dalam wujudkan janji-janji kemerdekaan. Pancasila adalah bintang pengarah, penggerak, sumber ide, dan sekaligus juga menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Dengan berdasar teguh pada Pancasila, saya meyakini kita akan jadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat dalam pergaulan bangsa-bangsa lainnya didunia, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi,” kata Jokowi.