by

Keajaiban Badai Michael di Florida

Keajaiban Badai Michael di Florida

Bulatin.com Belakangan ini, negara sisi Florida di Amerika Serikat alami badai sangat dahsyat yang sempat menempa lokasi itu. Badai Michael jadi pemicu musibah yang mengakibatkan banjir besar hingga banyak rumah terendam di sana.

Menariknya, ada satu kejadian unik yang berlangsung saat topan yang mempunyai kecepatan angin sampai 250km/jam itu menyapu lokasi Panhandle, Florida, AS. Ialah langit berwarna ungu sebagai pemandangan ganjil sesudah badai pupus.

Banyak netizen yang terlihat bagikan penampakan tidak biasa itu di sosial media Twitter. Lalu, bagaimana sains lihat peristiwa langit berwarna ungu tersebut?

“Waktu Matahari menyinari Bumi, umumnya spektrum warna dapat sampai permukaan tanpa masalah,” tutur Lauren Rautenkranz, pakar meteorologi ditempat.

“Tetapi warna yang mempunyai panjang gelombang lebih pendek, yakni biru serta ungu, hadir dengan menebar ke semua arah. Cahayanya memantul dari partikel ke partikel sampai selanjutnya sampai ke mata. Tetapi langit tidak terlihat ungu serta biru (dengan berbarengan) sebab terbatasnya mata kita,” katanya memberikan.

Secara normal, masih tetap kata Lauren, mata manusia cuma dapat mengetahui biru, sebab ungu mempunyai panjang gelombang sangat pendek di spektrum warna. Walaupun begitu, anomali berlangsung pasca topan Michael menerjang Florida. Lantas, apakah yang mengakibatkan langit menjadi ungu?

“Sesudah badai, kondisinya begitu memberi dukungan warna ungu untuk tampil keluar. Udaranya memiliki kandungan Hidrogen dalam jumlahnya besar, titik embun udara sampai 75 derajat, Matahari telah tenggelam, serta awan topan masih tetap berada cukup rendah diatas permukaan tanah,” tuturnya menuturkan.

“Gabungan ini sangat mungkin mata kita untuk lihat warna ungu di langit,” ujarnya.