by

Kejujuran Seorang Tukang Sampah Berbalas Rejeki Tak Terduga

Kejujuran Seorang Tukang Sampah Berbalas Rejeki Tak Terduga

Bulatin.com – Keadaan ekonomi seseorang seringkali membuat gelap mata, dan melakukan hal-hal yang tidak semestinya. Terlebih ketika menemukan setumpuk uang, bagi sebagian orang pasti akan lebih memilih diam dan mengambilnya, daripada mengembalikannya ke pemiliknya.

Namun, seorang pengumpul sampah Filipina membuktikan bahwa sebenarnya masih ada beberapa orang jujur di luar sana, dan bahwa ia adalah salah satu dari mereka.

Ketika memisahkan dan mengatur kantong sampah di tempat pembuangan sampah di sub divisi di Baliuag, Bulacan, Emmanuel Romano menemukan kantong plastik penuh uang tunai. Nilai uangnya sangat besar setengah juta peso atau Rp13 juta.

“Saya gugup ketika saya melihat uang itu, saya menyisihkannya dan tidak memberi tahu rekan-rekan saya pada awalnya,” kata Emmanuel dilansir dari Viral4Real.

Meskipun Emmanuel baru saja memiliki bayi, yang baru lahir sakit, dan keluarga kecilnya tinggal di sebuah rumah kumuh yang sudah lapuk, dengan upah yang kecil tidak cukup untuk memberi mereka makan setiap hari, dia tidak pernah berpikir untuk mengambil uang itu. Ia memutuskan untuk menyerahkannya ke pemerintahan daerah lokal.

Bersyukur atas kejujurannya, para pemilik berjanji kepada Emmanuel untuk membantu biaya pengobatan anak Emmanuel yang sakit, dan memberinya dukungan finansial juga.

Pemerintah daerah juga berjanji akan membantunya merenovasi rumahnya dan memberinya kenaikan gaji atau promosi. Kejujuran Emmanuel ternyata membuahkan berkah yang lebih baik.