by

Kendaraan Warna Hitam Di Negara Turkmenistan Dilarang

Kendaraan Warna Hitam Di Negara Turkmenistan Dilarang

Bulatin.com – Ada-ada saja ketentuan yang berlaku di Turkmenistan, Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov melarang mobil berwarna hitam masuk ke wilayahnya. Negara ini sesungguhnya telah melarang mobil hitam mulai sejak 2015, tetapi itu cuma berlaku untuk mobil impor. Tahun ini, Turkmenistan jadi negara pertama yang mengaplikasikan larangan mobil hitam, termasuk juga untuk semua warganya yang mempunyai mobil berwarna hitam.

Berdimukhamedov di ketahui sudah melarang semuanya mobil hitam dari ibu kota negara Ashgabat. Ditulis Carscoops, sebagian yang memiliki mobil hitam kaget sesudah ketahui mobil mereka hilang. Terakhir, di ketahui mobilnya telah ditarik polisi karena ada ketentuan itu.

Untuk kembalikan mobil mereka, mereka mesti di tandatangani dokumen yang menyepakati untuk mengecat ulang kendaraan mereka dengan warna yang lebih jelas. Bila mengecat dengan warna putih semakin lebih baik karna putih yaitu warna favorite presiden mereka.

Disamping itu, biaya untuk layanan pengecatan mobil malah jadi lebih mahal berlipat-lipat, dari $500 jadi $1. 000 di bengkel mobil atau sama dengan dari Rp 6 juta-an jadi Rp 13 juta-an.

Masih belum juga di ketahui penyebabnya dikeluarkannya regulasi itu lantaran belumlah ada pernyataan resmi dari pemerintah Turkmenistan. Tetapi, Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov di ketahui sangat yakin takhayul, hingga hal semacam ini diduga jadi dasar kebijakan. Bahkan juga untuk kaca jendela mobil yang berwarna, Turkmenistan telah melarang mulai sejak 2014.