by

Khilmi Buat Miniatur Jokowi Dan Prabowo Dari Batang Korek Api

Khilmi Buat Miniatur Jokowi Dan Prabowo Dari Batang Korek Api

Bulatin.com – Seniman asal Malang, Jawa Timur membuat muka capres (Calon presiden) Joko Widodo dan Prabowo Subianto dari batang korek api. Khilmi Ardiansyah (36) penghobi sekaligus juga seniman, membuat dua muka tokoh yang sedang berkompetisi di Penentuan Presiden 2019 itu dengan menggunakan beberapa ribu batang korek api.

Khilmi membuat miniatur muka Jokowi dan Prabowo memiliki ukuran panjang 25 cm, dan lebar 18 cm dengan ketebalan sekitar 6,5 cm. Dua muka tersebut berhasil dituntaskan kira-kira satu minggu atau 3-4 hari dengan habiskan sekitar 3.000 batang korek api untuk tiap-tiap muka.
Melalui ketekunannya, batang-batang itu diatur demikian rupa sampai membuat muka Jokowi dan Prabowo. Dua muka dengan latar belakang warna putih itu setelah itu dibingkai dalam satu frame warna hitam.

Khilmi mengakui di inspirasi dari ramaikan berita dunia politik mendekati Penentuan Presiden. Bapak dua anak ini mengakui ingin berperan melalui karya seni yang telah ditekuni sekitar 6 tahun itu.

“Idenya kan dari lihat keramaian di berita, saat ini musim Pemilu. Ingin membuat suatu yang lainnya, pada akhirnya membuat profil Prabowo dan Jokowi, muka mereka dari batang korek,” kata Khilmi Ardiansyah di tempat tinggalnya, Perumahan Pondok Mutiara Asri F-4 Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Kamis (17/1).

Melalui karyanya, Khilmi mengharap pesan damai tersampaikan pada masyarakat luas. Pilihan bisa berlainan tapi tidak bisa berkelahi, ditambah lagi terpecah iris.

“Siapa juga yang jadi tidak permasalahan yang terpenting rakyatnya makmur. Negaranya maju, semua dapat penuhi kebutuhannya,” tuturnya.

Saat ini Khilmi mengakui karyanya banyak mengenai landmark icon dunia dan action figur. Bapak dua anak ini sudah mengakhiri bangunan batang koreknya berbentuk Gedung Putih, Menara Eiffel, Taj Mahal dan lain-lain.

Baru kali ini pilih membuat untuk seni muka, walau dirasakan tidak banyak kesusahan. Melalui satu photo yang dibikin referensi, perlahan ke-2 muka dibuat. Khilmi menggunakan dampak hitam di sejumlah sisi detil muka dan rambut lewat cara dikit dibakar.

“Kesulitannya lekukan tiap-tiap profil kan diinginkan mendekati semirip mungkin. Kesulitannya lekuk-lekuk mukanya itu,” tuturnya .

Khilmi mengharap karyanya berguna buat beberapa orang, bahkan juga sebetulnya mengharap berjumpa ke-2 capres untuk menyerahkan karyanya tersebut. Kira saja dua karya muka calon presiden dari batang korek itu menjadi kontribusinya menjadi seniman dan warga negara.

“Yang dapat saya lakukan cuma ini lah, syukur-syukur kedua-duanya mengapresiasi. Jika bertemu saya kasihkan gratis,” kata sekalian ketawa terlepas.